Perumda Air Minum Tirta Aji Raih Juara Pertama Penghargaan Air Minum Aman

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Perumda Air Minum Tirta Aji Kabupaten Wonosobo raih juara 1 penghargaan penyediaan air minum aman se-Indonesia dari Kementerian PUPR.

Penyerahan penghargaan ini diberikan pada puncak acara perayaan Hari Habitat dan Hari Kota Sedunia, Sabtu (12/10/2024) di Pendopo, Gelanggang Inovasi dan Kreatifitas, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka peningkatan capaian akses air minum aman nasional sebagaimana diamanatkan dalam RPJMN 2020-2024 dan implementasi Peta Jalan Perluasan Penerapan RPAM periode 2021-2024.

Selain itu juga sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah yang terlah menunjukkan komitmen dan upaya dalam pencapaian akses air minum aman sesuai prinsip 3K yakni kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi setiap daerah untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan air minum aman.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Aji Kabupaten Wonosobo, Muchammad Sjahid mengatakan, "Beberapa tahapan harus dilalui sebelum mendapatkan penghargaan ini."

"Capaian yang dihasilkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo dan Tirta Aji tidaklah mudah. Wonosobo berhasil mengalahkan 17 pemerintah daerah yang sebelumnya sudah terpilih dari pemerintah kota/kabupaten yang ada di seluruh Indonesia," ungkapnya.

"Setelah terpilih 17 besar, Kabupaten Wonosobo terpilih kembali masuk ke dalam 6 besar bersama dengan Kabupaten Denpasar, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bandung, Kota Balikpapan dan Kabupaten Kebumen," jelasnya.

Kabupaten/kota terpilih inilah kemudian dilakukan verifikasi dan kunjungan lapangan untuk memilih yang terbaik.

Kegiatan verifikasi dan kunjungan lapangan ini berlangsung selama 2 hari pada 23-24 September 2024.

Dalam kegiatan tersebut turut melibatkan OPD terkait seperti Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo.

Dimulai dari kedatangan tim verifikasi yang disambut langsung oleh Bupati Wonosobo di Pendopo Kabupaten Wonosobo, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan dokumen dan verifikasi data terkait assesment yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Kemudian kunjungan ke Labkesda Dinas Kesehatan kabupaten Wonosobo dan diakhir dengan kunjungan dan pengujian di Sumber Mata Air Sigajah untuk hari pertama," jelasnya.

Hari kedua diakhiri dengan penyampaian hasil dan penandatanganan berita acara hasil verifikasi dan kunjungan lapangan.

Berakhirnya kegiatan verifikasi dan kunjungan lapangan menandakan proses penilaian untuk memilih yang terbaik telah selesai.

Hingga pada Selasa (8/10/2024) diumumkan 3 besar kabupaten/kota yang akan mendapatkan penghargaan yakni Kabupaten Denpasar, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Wonosobo.

Dilanjutkan pada Kamis (10/10/2024), Direktur Utama Tirta Aji, Muchammad Sjahid, diundang menjadi narasumber untuk side event dalam seminar hari Habitat dan Hari Kota Sedunia 2024.

Ia membawakan paparan tentang penerapan dan pembelajaran Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Hingga pada Sabtu (12/10/2024), Plt. Bupati Wonosobo, Muhammad Albar bersama dengan Direksi Tirta Aji menghadiri penyerahan penghargaan pada acara puncak Hari Habitat dan Hari Kota Sedunia 2024.

Pemerintah Kabupaten Wonosobo bersama dengan Tirta Aji diumumkan sebagai pemenang atau mendapatkan juara 1 dalam penghargaan penyediaan air minum aman se-Indonesia.

Plt. Bupati Albar mengucapkan selamat kepada Perumda Air Minum Tirta Aji yang telah meraih penghargaan ini. Ia mengapresiasi peran Tirta Aji yang turut serta berkontribusi dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

"Saya ucapkan selamat kepada Perumda Air Minum Tirta Aji. Saya berharap ke depannya Tirta Aji akan semakin maju dan selalu memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat," ucapnya.

Melalui penghargaan ini juga, Tirta Aji berkomitmen untuk menjaga kualitas dan terus meningkatkan pelayanan air bersih dan aman untuk masyarakat Kabupaten Wonosobo.

 

Share this Post: