Pengurus KONI Wonosobo Siapkan Pembenahan untuk Tingkatkan Prestasi Olahraga

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Pengurus KONI Wonosobo yang baru dilantik sebut akan melakukan sejumlah langkah pembenahan di cabang olahraga terkait perolehan prestasi. Hal ini mengingat selama ini, prestasi di beberapa cabang olahraga Wonosobo masih terbilang relatif minim dan di tingkat provinsi Jawa Tengah, prestasi olahraga Wonosobo berada di urutan terbawah.

"Anggaran kita (KONI) masih yang terkecil dan sarpras kita juga masih minim," tutur Ketua KONI Wonosobo, Khozin.  

Menurut pria yang dua periode bakal memimpin KONI itu, sarana dan prasarana olahraga untuk cabang olahraga (cabor) masih sangat rendah, bahkan baru cabor renang yang memenuhi syarat. Sedangkan cabor yang lain masih seadanya.  

"Kita berharap stadion dan GOR bisa segera digunakan sehingga bisa memperkuat sarpras cabor. Sedangkan dari sisi anggaran, juga masih jauh dari harapan. Apalagi dibanding dengan kabupaten lain," imbuhnya.

Khozin menjelaskan, KONI Wonosobo pada periode sebelumnya telah mengawali dengan penataan organisasi, maka ke depan pembinaan akan diperkuat. "Pada tahun ini (2024), KONI dapat anggaran Rp700 juta, itu untuk operasional kantor setahun dan juga cabor cabor," ungkapnya.

Padahal, total kebutuhan operasional pembinaan atlet hingga pengiriman atlet pada sejumlah even rutin tidak sedikit, dan menurut perhitungan yang dilakukan KONI, kebutuhan anggaran ideal mencapai Rp8 miliar.  

Selain itu, KONI juga menghadapi tantangan hijrahnya sejumlah atlet andalan ke kabupaten lain atau ke provinsi. Menyikapi hal itu, pihaknya mengaku akan mengikat dengan sejumlah aturan. "Soal hijrahnya atlet ke kabupaten lain, kami akan menerapkan kontrak dengan atlet dan pelatih," bebernya.

Dengan kepengurusan berjumlah 30 orang yang memiliki jaringan kuat, pihaknya yakin KONI Wonosobo akan meningkatkan kualitas dan juga prestasi olahraga ke depan. Dijelaskan Khozin, pengurus KONI berasal dari berbagai kalangan, bahkan ada dari anggota DPRD Provinsi Jateng. Maka diharapkan sumber daya yang ada di KONI akan semakin kuat.

 

Share this Post: