Pemkab Wonosobo Perkuat Jejaring untuk Kembangkan Wisata

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Dalam upaya meningkatkan kapasitas jejaring mitra pariwisata, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah menggelar Focus Group Discussion (FGD) Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (FK POKDARWIS) ke XV di Desa Wisata Tlogomulyo, Kecamatan Kertek, Wonosobo, pada Sabtu, 28 September 2024. FGD bertema "Culture Heritage Tourism" ini dibuka dengan tarian lengger, melambangkan kearifan lokal Wonosobo dan memperkenalkan budaya yang menjadi daya tarik bagi peserta.

Acara dihadiri oleh Plt. Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Agus Wibowo, S.Sos, dan diikuti oleh perwakilan peserta dari kemitraan pariwisata melalui Pokdarwis se-Jawa Tengah. "Menjadi tuan rumah, Wonosobo memang luar biasa dari segi budaya hingga alam yang mampu memikat para wisatawan," tutur Gus Albar menyambut para peserta.

Gus Albar menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Wonosobo tengah melaksanakan program penataan dan penguatan Kawasan 5 Dieng Baru, meliputi Kawasan Telaga Menjer, Kalianget, Koridor Candiyasan-Keseneng, Waduk Wadaslintang, dan Gununglanang Mergolangu Kalibawang. Selain itu, pemerintah juga membekali masyarakat pariwisata melalui pelatihan untuk mendukung pembangunan kepariwisataan.

"Kami terus bergerak bersama mitra pariwisata melalui fasilitasi dari dinas pariwisata. RPJMD Wonosobo mengamanatkan pertanian dan pariwisata sebagai prioritas. Hal ini menjadi semangat pemerintah dan pelaku wisata dalam pengembangan pariwisata," jelas Gus Albar.

Kegiatan ini diharapkan menjadi komitmen dalam membangun sektor pariwisata di Jawa Tengah, khususnya Wonosobo. "Tentu kita ingin mengembangkan wisata di daerah masing-masing, gali potensi semaksimal mungkin tentunya dengan kekayaan beragam yang menyesuaikan pada kondisi daerah masing-masing dan jadikan jejaring ini sebagai semangat kita dalam terus mengabdi, menjaga serta merawat potensi yang nantinya juga mampu mendorong roda perekonomian di daerah masing-masing agar semakin terlihat, berkembang dan sejahtera," imbuhnya.

Ketua Umum FK Pokdarwis Jawa Tengah, Yani Stiadiningrat, mengajak seluruh mitra untuk mengandalkan potensi wisata desa, termasuk budaya, religi, buatan, alam, hingga musik. "Wisata di Wonosobo ini kalau dikolaborasikan kedepan pariwisata jateng akan lebih banyak pilihan dalam berwisata sehingga jateng makin unggul di dunia kepariwisataan, ini lah gunanya kita menemukan potensi unggulan yang dapat dikembangkan," ucap Yani.

Menurutnya, FK Pokdarwis menjadi media komunikasi untuk bertukar informasi dan mengembangkan potensi wisata di setiap desa. "FK ini juga berperan sebagai pendamping bagi FK di tingkat kabupaten yang sedang berkembang, sehingga kami dapat saling berbagi masukan dan membantu pemasaran potensi desa wisata yang ada di Jawa Tengah," pungkasnya.

Share this Post: