Kebakaran Hebat di Dusun Sijeruk Menghanguskan Tiga Rumah

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Pada Selasa malam, 15 Oktober 2024, kebakaran hebat terjadi di Dusun Sijeruk, Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo. Kebakaran ini menghanguskan tiga rumah dan menyebabkan kerugian sekitar Rp 180 juta.  

Menurut laporan dari Unit Damkar BPBD Wonosobo, kejadian pertama kali dilaporkan pukul 23.30 WIB. Warga sekitar menelepon call center Damkar Wonosobo untuk melaporkan kebakaran. Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo, Dudi Wardoyo, menjelaskan bahwa kebakaran bermula dari rumah milik Kerdi, yang berusia 35 tahun.  

“Api mulai berkobar dari rumah Kerdi, yang berisi tembakau dan berbagai peralatan,” katanya. Api kemudian merembet ke rumah milik Solihin, yang berusia 68 tahun, dan Fauzi, yang berusia 35 tahun, yang merupakan tetangga Kerdi.

Dudi menjelaskan, “Total tiga rumah yang terbakar. Warga berbondong memadamkan api secara manual, kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Damkar Wonosobo. Api berhasil padam kurang lebih 2 jam. Waktu operasi mulai 00.15 – 02.25 WIB.”

Tim Pemadam Kebakaran Wonosobo tiba di lokasi pada pukul 00.10 WIB, dengan waktu respons sekitar 50 menit. Mereka melakukan operasi pemadaman selama dua jam. Akibat kebakaran ini, satu rumah habis terbakar sementara dua rumah lainnya terbakar sebagian.

Namun, tim pemadam mengalami beberapa kendala, seperti sulitnya mendapatkan sumber air, akses evakuasi yang sempit, habisnya bahan bakar kendaraan pemadam, dan jarak tempuh yang jauh. Salah satu unit pemadam juga mengalami overheat saat operasi.

“Total kerugian akibat kejadian ini mencapai Rp 180 juta. Tidak ada korban jiwa, namun kerusakan rumah dan harta benda membuat para korban harus kehilangan tempat tinggal,” jelas Dudi.

Operasi pemadaman melibatkan berbagai pihak, termasuk Damkar Wonosobo, TRC BPBD Wonosobo, relawan gabungan, dan masyarakat setempat.  

BPBD Kabupaten Wonosobo mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi kebakaran dan siap mengurangi risiko. Jika memerlukan informasi terkait Damkar dan kebencanaan, masyarakat bisa menghubungi BPBD Wonosobo di Jalan Jendral Soeharto Km 5 No. 7, Komplek DPUPR Kalierang Selomerto. Call center Damkar bisa dihubungi di nomor 081 389 113 113 dan 0286 325605, serta Pusdalops di 081311116976 dan layanan gratis 112.

 

Share this Post: