PT Tirta Investama (Aqua Danone) Wonosobo Meluncurkan Alat Ukur Resapan sebagai Langkah Konservasi

Share this Post:
Standard Post with Image

WonosoboNews.com - Langkah konservasi PT Tirta Investama Pabrik Wonosobo (Aqua Danone) mengambil peran lebih teknis dengan diperkenalkannya alat ukur resapan. Inisiatif ini menjadi bukti konkret dari upaya perusahaan untuk menjaga lingkungan sekaligus meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya air.

Sumur resapan dengan meteran yang terintegrasi dengan rorak telah dipasang di Desa Kuripan, Kecamatan Garung, Wonosobo. Basuki Rahmat, perwakilan dari PT Tirta Investama, menjelaskan langkah-langkah konservasi tersebut dalam sebuah acara buka bersama dengan Komunitas Jurnalis Wonosobo (KJW) di Aroma Resto Tembelang Rojoimo pada Rabu (3/4).

"Selama ini kami sudah menanam pohon, menentukan area konservasi, melibatkan masyarakat untuk monitoringnya, dan berkolaborasi dengan seluruh mitra termasuk media," ungkap Basuki.

Dengan adanya alat ukur tersebut, PT Tirta Investama dapat memperoleh data yang lebih akurat mengenai jumlah air yang berhasil diserap ke dalam tanah. "Sumur resapan yang terintegrasi dengan rorak di area tangkapan air hujan ini telah terbukti efektif. Terdapat 867 meter kubik air masuk dan 2 meter kubik air keluar," tambahnya.

Perusahaan ini telah melakukan program konservasi di lereng Bismo dan Sindoro dengan upaya teknis sipil. Sebanyak 28.000 pohon telah ditanam, termasuk pohon kopi, alpukat, dan suren, yang pertumbuhannya dimonitor secara digital.

Selain fokus pada lingkungan, Aqua Danone Wonosobo juga aktif dalam mengembangkan program pencegahan stunting di beberapa desa. Program ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menurunkan angka stunting, dengan melibatkan remaja, calon orang tua, anak-anak, dan lembaga terkait. Hingga kini, sebanyak 51.376 orang telah menjadi penerima manfaat dari program tersebut.

Muharno Zarka, Ketua Komunitas Jurnalis Wonosobo (KJW), menyampaikan apresiasi kepada PT Tirta Investama (Aqua Danone) Wonosobo atas komunikasi yang baik dengan media. Sementara itu, Rony Rusdiansyah, External Communication Aqua Danone Indonesia, menegaskan pentingnya peran media sebagai mitra strategis perusahaan dalam menyebarkan informasi yang akurat dan kredibel di tengah maraknya informasi yang tidak benar di media sosial.

Acara buka bersama ini menjadi bagian dari safari ramadan yang dilakukan Aqua Danone, sebagai upaya untuk menjaga komunikasi yang baik dengan semua pihak, termasuk media, dalam mendukung pembangunan Wonosobo yang berkelanjutan.

Share this Post: