Menhub Budi Karya Sumadi Minta Pengawasan Ketat terhadap Balon Udara di Jawa Tengah

Share this Post:
Standard Post with Image

WonosoboNews.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pengawasan ketat terhadap balon udara di daerah Jawa Tengah (Jateng). Dalam pertemuan di agenda 'Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2024 Provinsi Jawa Tengah' di Polda Jateng, Budi mengungkapkan bahwa hanya dua lokasi yang diperbolehkan untuk mengoperasikan balon udara, yaitu di Wonosobo dan Pekalongan.

"Saya mohon kepada Kapolres dan Dandim untuk mengonsolidasikannya dengan pemda dari itu dilakukan, apabila itu dilaksanakan bahwa itu sangat baik, menjadi objek tourism," ujar Budi.

Menurutnya, balon udara dapat menjadi objek wisata yang menarik, namun penegakan hukum perlu dilakukan jika balon udara diterbangkan di luar dua lokasi yang telah ditentukan. Budi menegaskan bahwa hanya dua lokasi tersebut yang boleh beroperasi, dan masyarakat di luar dua titik tersebut dilarang untuk melakukan.

"Dengan adanya itu kita bisa melakukan law enforcement sehingga masyarakat di luar dua titik tersebut dilarang untuk melakukan," tambahnya.

Budi juga meminta agar sosialisasi dilakukan secara efektif oleh pihak terkait, seperti Kapolres dan Dandim, untuk memastikan bahwa hanya dua lokasi yang diperbolehkan untuk beroperasi. AirNav juga telah berupaya melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) dan sosialisasi, namun bantuan dari aparat penegak hukum setempat juga sangat diharapkan untuk menindaklanjuti hal ini.

Dengan pengawasan yang ketat, diharapkan pengoperasian balon udara di Jawa Tengah dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku dan memberikan kontribusi positif sebagai objek wisata.

Share this Post: