Kejadian Pecahnya Atap Kaca Pasar Induk Wonosobo Membuat Ketegangan

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Atap kaca atrium Pasar Induk Wonosobo mengalami pecah, meskipun pasar tersebut baru beroperasi selama dua tahun. Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran pedagang terkait keselamatan dan keamanan gedung. Pecahnya kaca terjadi tanpa adanya hujan pada Rabu (10/7/2024) pukul 16.00, mengagetkan para pedagang yang masih berada di dalam gedung.

Salah seorang pedagang grosir yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa pecahnya kaca terjadi secara tiba-tiba. Beruntungnya, saat kejadian tidak ada warga yang berada di bawah atap, sehingga tidak ada yang terluka oleh serpihan kaca yang tersebar luas.

Meskipun tidak ada korban, kejadian ini membuat para pedagang was-was untuk melintas di lantai dasar gedung. Mereka mengkhawatirkan kemungkinan pecahnya kaca lainnya yang dapat membahayakan pengunjung jika terjadi hujan deras.

Kepala Unit Pengelola Teknis Pasar Induk, Heri Setiawan, mengkonfirmasi peristiwa tersebut dan menjelaskan bahwa pemasangan kaca atap tidak sesuai dengan standar yang dibutuhkan, yaitu hanya memiliki ketebalan 6 inchi dibandingkan dengan yang seharusnya lebih dari 9 inchi untuk model atap seperti itu. Heri menambahkan bahwa faktor cuaca, seperti paparan panas dan hujan langsung, kemungkinan besar menyebabkan kaca tersebut pecah.

Saat ini, langkah pencegahan telah diambil dengan memasang rambu di bawah atap seluas 65 meter persegi untuk memperingatkan agar para pedagang dan pengunjung tidak melintas di area yang berpotensi bahaya tersebut. Heri Setiawan juga telah mengusulkan kepada pimpinan untuk segera melakukan perbaikan atap kaca demi keselamatan semua pihak yang beraktivitas di Pasar Induk Wonosobo.

 

Share this Post: