Dua Jurnalis Wonosobozone Lulus UKW Dewan Pers 2024, Bersama Media Besar seperti Kompas

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Dua jurnalis dari Wonosobozone, Rochmad Tri Apriliyanto dan Fajar Ari Wibowo, dinyatakan kompeten setelah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers 2024 di Jawa Tengah. Mereka berhasil lulus setelah melalui 11 materi ujian yang berlangsung selama dua hari, 11-12 Oktober 2024, di Aston Solo Hotel.

Bersama dengan 10 peserta lainnya, kedua jurnalis tersebut diuji oleh Lembaga UKW UPN Yogyakarta yang membagi peserta dalam dua kelompok, masing-masing dipandu oleh satu penguji. Dr. Susilastuti, M.Si, selaku tim penguji dari LUKW UPN Yogyakarta, menyampaikan bahwa semua peserta, baik yang berada pada jenjang muda maupun madya, dinyatakan kompeten. "Dari 12 orang yang ada 10 adalah muda dan 2 adalah madya, semua dinyatakan kompeten, selamat" ujar Dr. Susilastuti saat mengumumkan hasil ujian.

Ujian ini merupakan momen penting bagi para jurnalis Wonosobozone untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas mereka. Dengan kelulusan Rochmad dan Fajar, kini Wonosobozone memiliki tiga jurnalis dengan sertifikasi jenjang muda dan satu jurnalis berjenjang utama, dari total tujuh anggota redaksi.

Sebagai media yang mulai dikenal di Wonosobo, harapan besar tertuju pada para jurnalis ini agar dapat menjalankan tugas jurnalistik secara profesional dan bertanggung jawab. Keberhasilan ini juga menandai peningkatan kualitas tim redaksi Wonosobozone di tengah persaingan ketat dengan media besar.

UKW Dewan Pers 2024 ini tidak hanya diikuti oleh media lokal, tetapi juga dihadiri oleh jurnalis dari media nasional besar seperti Kompas.com, Solopos.com, Tribun News, dan Liputan6.com. Sebanyak 66 peserta dari berbagai jenjang kompetensi, mulai dari muda hingga utama, turut ambil bagian dalam ujian yang difasilitasi oleh Dewan Pers melalui lembaga-lembaga uji seperti AJI Indonesia, Kompas, UPN Yogyakarta, dan Solopos.

Selain memberikan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, UKW ini juga membuka peluang bagi jurnalis yang belum lulus dari lembaga uji lain untuk mempersiapkan diri dengan lebih matang dalam waktu enam bulan ke depan, sebagaimana diungkapkan Dr. Susilastuti. "Jangan berkecil hati, masih ada waktu untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi," pesannya.

Dengan kelulusan ini, diharapkan para jurnalis Wonosobozone dapat semakin berkontribusi dalam meningkatkan standar jurnalistik di Wonosobo dan memperkuat posisi media lokal di tengah dominasi media nasional.

Share this Post: