peringatan Hari Bela Negara ke 75 yang diadakan di Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

wonosobonews.com - Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, menekankan pentingnya semangat bela negara dalam sebuah upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 di halaman Pendopo Bupati pada tanggal 19 Desember 2023. Dalam pidatonya, Bupati menyampaikan bahwa semangat bela negara tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

"Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Hal ini merupakan tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan NKRI," ucapnya.

Menurut Bupati, tantangan ke depan semakin tidak terduga, tidak hanya dalam menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tidak kasat mata. Oleh karena itu, memiliki jiwa bela negara dianggap sebagai pilar utama untuk menjadikan masyarakat tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak pasti.

“Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara. Sesuai Semangat Hari Bela Negara Ke-75, kobarkan bela negara untuk Indonesia maju," ungkap Afif.

Bupati Afif Nurhidayat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memiliki semangat bela negara, yang mencakup segala sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam konteks ini, Bupati menekankan bahwa menjelang Pemilu 2024, masyarakat seharusnya menghadapinya dengan semangat bela negara, termasuk dalam menunaikan hak pilih untuk menentukan masa depan bangsa.

“Termasuk dalam menyambut Pemilu 2024 mendatang, yang sudah sepatutnya kita sikapi dengan semangat Bela Negara, menunaikan hak pilih kita dalam menentukan masa depan bangsa,” jelas Afif.

Melalui semangat bela negara, Bupati mengajak mari semua elemen dalam mengentaskan berbagai permasalahan di Wonosobo, seperti kemiskinan, stunting, anak tidak sekolah, perkawinan usia anak, dan sebagainya. 

Afif Nurhidayat juga menyampaikan bahwa semangat bela negara dapat diwujudkan melalui kontribusi aktif dalam menanggulangi berbagai permasalahan di Wonosobo, seperti kemiskinan, stunting, anak tidak sekolah, perkawinan usia anak, dan lain sebagainya. Dengan langkah serempak dan partisipasi aktif semua elemen masyarakat, Bupati berharap dapat mewujudkan Wonosobo yang berdaya saing, maju, dan sejahtera.

Share this Post: