Semarak Marrystone Culture Carnival di Desa Selokromo

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI, masyarakat Desa Selokromo, Kecamatan Leksono, Wonosobo, menyelenggarakan Marrystone Culture Carnival #6 pada Minggu, 18 Agustus 2024. Acara ini menjadi agenda tahunan yang selalu dinanti, dimana warga desa mempersembahkan berbagai kostum menarik dan pawai ogoh-ogoh.

Kepala Desa Selokromo, Agus Iswahyudi, mengungkapkan bahwa Marrystone Culture Carnival telah diselenggarakan enam kali. Partisipasi masyarakat sangat tinggi, dengan setiap RW di desa tersebut menampilkan kreativitas unik mereka. "Ada 9 RW yang terus membersamai setiap tahunnya," jelas Agus.

Kepala desa juga memberikan apresiasi terhadap inovasi yang terus berkembang dari masyarakat. Persiapan untuk acara ini dilakukan jauh-jauh hari agar bisa menampilkan karya terbaik. "Tema adat dari berbagai daerah ada nikahan, Bali, Ponorogo, kerajaan Brama Kumbara, dan lainnya. Alhamdulillah sangat kreatif. Ini mulai pembuatan dari bulan Juli," tambahnya.

Marrystone Culture Carnival telah menjadi bagian dari kalender acara Kabupaten Wonosobo dan diharapkan dapat membantu mengembangkan sektor pariwisata daerah. "Semoga tahun depan akan semakin baik, banyak pihak-pihak yang mensupport kegiatan ini," harap Agus.

Sejak pagi, masyarakat berkumpul di Balai desa Selokromo untuk menyaksikan kemeriahan acara. Peserta mengenakan berbagai kostum unik, sementara ogoh-ogoh dengan berbagai karakter diarak mengelilingi desa, termasuk tokoh seperti Pangeran Diponegoro, burung elang, hingga pewayangan Bawor.

Acara akan diakhiri dengan kegiatan daeng massal, penampilan band, dan pembagian hadiah pada malam hari.

 

Share this Post: