Saptoyogo Persembahkan Medali Pertama untuk Indonesia di Paralimpiade Paris 2024

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Saptoyogo Purnomo mencatatkan prestasi membanggakan bagi Indonesia dengan meraih medali pertama untuk tanah air di Paralimpiade Paris 2024. Prestasi ini diraih dalam ajang bergengsi yang dihelat di Stade de France, Paris, dalam cabang olahraga atletik nomor 100 meter putra T37.

Berlomba melawan atlet-atlet internasional, Saptoyogo berlari dengan kecepatan tinggi dan berhasil menyentuh garis finis, memastikan perolehan medali perak dengan catatan waktu 11,56 detik. Atlet berusia 25 tahun ini sempat memimpin, namun kemudian disusul oleh Ricardo Gomes dari Brasil yang merebut medali emas dengan waktu 11,07 detik. Medali perunggu jatuh ke tangan Andrei Vdovin dari NTU (Neutral Paralympic Athletes), yang merupakan perwakilan atlet dari Rusia dan Belarusia.

Pencapaian medali perak oleh Saptoyogo mencetak sejarah baru bagi Indonesia, karena ia menjadi atlet para atletik pertama yang berhasil membawa pulang medali di nomor 100 meter putra sejak 48 tahun terakhir. Sebelumnya, medali terakhir untuk Indonesia dalam cabang ini diraih oleh Ashari pada Paralimpiade Toronto 1976.

Keberhasilan Saptoyogo mengangkat posisi Indonesia ke peringkat ke-33 dalam klasemen medali Paralimpiade Paris 2024. Medali perak ini juga menempatkan Indonesia di atas sejumlah negara seperti Kanada, Thailand, Swiss, dan Argentina. Prestasi ini tentunya menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Share this Post: