Rasakan kemegahan Wabup Wonosobo atau dikenal dengan Dieng, yang menyimpan potensi menjadi geopark nasional

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Di jantung Jawa Tengah, antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, terdapat Dataran Tinggi Dieng, sebuah situs yang penuh dengan potensi yang belum dimanfaatkan untuk menjadi geopark nasional.

Muhammad Albar, Wakil Bupati Wonosobo, menegaskan Dieng merupakan harta karun berupa geoheritage, geo biodiversity, dan geo culture. Dengan pemandangan alamnya yang menawan, keunikan flora dan faunanya, serta kekayaan warisan budaya berupa situs peradaban kuno, menawarkan perpaduan kekayaan alam dan budaya yang unik.

"Geoheritage berbentuk bentang alam yang berpotensi menjadi objek wisata, geo biodiversity dengan adanya flora dan fauna khas di kawasan Dieng," katanya di Wonosobo, Rabu.

Potensi ini telah diakui dan terus dipersiapkan untuk mendapatkan pengakuan resmi sebagai geopark nasional, sehingga layak untuk dievaluasi oleh tim pra-penilaian dari Geopark Nasional Dieng di Aboretum Taman Rekreasi Kalianget.

Masukan berharga dari pemerintah daerah, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam berbagai seminar menandakan upaya kolektif untuk mendewasakan Dieng sebagai geopark nasional yang layak mendapat pengakuan internasional.

"Kami menyadari bahwa Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara dalam prosesnya sangat membutuhkan fasilitasi, supervisi, dan asistensi, baik dari pemerintah pusat maupun provinsi. Saya menyambut baik atas kedatangan tim Komite Nasional Geopark Indonesia, dan Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia beserta seluruh rombongan, di Kabupaten Wonosobo," katanya.

Kami sangat gembira menyambut kedatangan tim Komite Geopark Nasional Indonesia beserta para ahli dan rombongan di Kabupaten Wonosobo. Kunjungan ini sangat penting karena menandai dimulainya tahap penilaian sementara oleh Komite Geopark Nasional Indonesia (KNGI), sebuah langkah penting menuju peningkatan status Dieng menjadi geopark nasional.

roses penilaian yang ketat ini bermula dari komitmen bersama antara Pemerintah Wonosobo dan Banjarnegara pada tahun 2015, yang diprakarsai oleh Gubernur Jawa Tengah, untuk mendapatkan pengakuan nasional terhadap Geopark Dieng.

Dalam beberapa hari mendatang, kami berharap penilaian ini dapat menjadi batu loncatan dengan hasil positif dalam upaya berkelanjutan kami untuk meningkatkan kinerja Dieng sebagai Geopark nasional.

Share this Post: