Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 di Wonosobo Terima Bantuan Alat bantu Kaki

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 di Kabupaten Wonosobo tergelar dengan kesederhanaan yang menyimpan kedalaman arti di tengah hijau perbukitan yang menjadi karakteristik kawasan ini, Allure Square Wonosobo berubah menjadi sebuah panggung penghargaan atas keragaman dan kekuatan semangat tanpa batas pada Jumat, 8 November 2023.

Memancarkan tema ‘Akses Tanpa Batas’, rangkaian acara yang dipersiapkan tidak hanya sekadar perayaan, melainkan juga sebuah gerakan simbolis yang menunjukkan komitmen terhadap inklusivitas dan kesetaraan dengan pertunjukan seni yang menampilkan bakat luar biasa dari para penyandang disabilitas, pentas musik yang menyejukkan hati, dan pantomim yang menyentuh jiwa, malam itu di Wonosobo menjadi saksi bisu bahwa keindahan dan kekuatan bisa datang dalam beragam bentuk.

Selain itu juga ada penyerahan alat kaki bantu dari para donatur di Kabupaten Wonosobo sejumlah 12 buah yang diberikan kepada para penyandang disabilitas.

Ketua Ikatan Disabilitas Wonosobo (IDW) Saifurohman mengatakan, tujuan dari peringatan Hari Disabilitas Internasional ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas agar memperoleh hak yang sama.

"Karena disabilitas tidak hanya terpaku kepada pemberian bantuan sosial saja. Tetapi juga dalam hal pemberdayaan. Bagaimana kesetaraan benar-benar ada. Sehingga sama-sama berpeluang dan berkontribusi penting dalam pembangunan,” jelas pria yang akrab disapa Ipong tersebut.

Menurut pernyataan Ipong diperkirakan terdapat 4.800 penyandang disabilitas yang tinggal di wilayah wonosobo, yang masing-masing memiliki tantangan dan kebutuhan uniknya sendiri

Untuk itu dia menyerukan kepada otoritas pemerintah untuk mempertajam fokus mereka pada pengumpulan data yang cermat dan penuh empati. Data yang tepat bukan hanya sekedar kebutuhan birokrasi; hal ini merupakan landasan dalam menciptakan kebijakan dan program yang benar-benar memenuhi kebutuhan para penyandang disabilitas.

"Pendataan yang baik akan menjadi tolak ukur bagi pemerintah bagaimana mengakomodir mereka,” tegas Ipong.

Dia berharap, Peringatan Hari Disabilitas Internasional kali ini menjadi momentum pemenuhan hak-hak disabilitas secara menyeluruh.

"Harapan kami Wonosobo menjadi kota yang lebih inklusif bagi semua, sehingga mereka tidak ada batasan dan hambatan dalam beraktivitas, termasuk memperoleh hak-hak mereka dalam hal pekerjaan, pendidikan maupun kesehatan,” tandasnya.

Salah satu perwakilan donatur Chandra Salim menyebut, bantuan yang diberikan kali Ini merupakan bentuk perhatian masyarakat kepada penyandang disabilitas.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat,"  kata Chandra. 

Sementara itu, CEO PT Zona Media Network Sumali Ibnu Chamid mengaku, sebagai media rujukan bagi masyarakat, WonosoboZone siap membantu menyuarakan aspirasi para penyandang disabilitas. 

"Karena melalui media, apa yang menjadi harapan dan aspirasi mereka diharapkan bisa tersampaikan ke khalayak yang lebih luas," katanya. 

Share this Post: