Peningkatan Produktivitas Nelayan di Wadaslintang dan Kaliwiro Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Sosialisasi Kebijakan Perikanan yang diikuti Warga Kecamatan Kaliwiro dan Wadaslintang pada Jumat(27/10), membahas potensi Wonosobo dalam sektor perikanan.

Kepala Bidang Perikanan, Dispaperkan Kabupaten Wonosobo Farida Hidayati Estiningtyas menyampaikan, dua kecamatan ini dinilai baik dalam pengembangan sektor perikanan. 

"Kaliwiro dan Wadaslintang itu penyumbang terbesar produksi perikanan di Kabupaten Wonosobo. Di Kaliwiro komoditas lele yang paling banyak ada di Lebak, Tracap, Kaliguwo, Lamuk. Banyak pembudidaya ikan terutama lele," ujarnya. 

Sejauh ini masyarakat sudah cukup inovatif dalam mengolah hasil ikan mereka dengan membuat berbagai macam produk.

"Pengolahan ikan berkembang pesat. Mulai dari pepes nila, abon nila, olahan sruwet atau teri air tawar sudah dipasarkan ke Magelang hingga Jogja itu adanya di waduk," tambahnya. 

Upaya yang dilakukan Pemkab Wonosobo dalam mengembangkan sektor perikanan di Kaliwiro dan Wadaslintang berupa pelatihan dan penyaluran bantuan kepada nelayan.

Sosialisasi Kebijakan Perikanan bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI sekaligus Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI yang ada di Balai Desa Ngadisono. Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina mendukung aktivitas para pembudidaya ikan dan nelayan di Kaliwiro maupun Wadaslintang.

"Kegiatan hari ini Sosialisasi Kebijakan Perikanan dalam rangka peningkatan produktivitas sektor perikanan," ujar Vita.

Berbagai program bantuan telah diberikan mulai dari bantuan calon indukan benih, bibit ikan lele dan nila, bioflok, bantuan mesin pakan ikan, hingga bantuan alat penangkap ikan bagi nelayan.

Bantuan berupa calon indukan benih, bibit ikan lele dan nila, bioflok, bantuan mesin pakan ikan, hingga bantuan alat penangkap ikan, telah tersalurkan kepada pembudidaya ikan dan nelayan 

"Hal itu kita lakukan karena melihat potensi perikanan di Kabupaten Wonosobo yang sangat cukup baik sehingga harus di support," tambahnya.

Share this Post: