Okupansi Hotel di Wonosobo Meningkat Tajam Selama Dieng Culture Festival 2024

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Okupansi hotel di wilayah Kabupaten Wonosobo mengalami peningkatan yang signifikan selama berlangsungnya Dieng Culture Festival (DCF) 2024. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo. 

Meskipun DCF diadakan di kawasan Dieng, Banjarnegara, dampaknya dirasakan hingga wilayah Wonosobo.  Menurut Agus, banyak wisatawan yang memilih menginap di hotel-hotel Wonosobo karena jalur utama menuju dataran tinggi Dieng melewati Kabupaten ini.  Selain sektor perhotelan, sektor kuliner di Wonosobo juga ikut terdampak dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang. 

"Jadi pada kegiatan DCF 3 hari ke depan secara umum berdampak pada tingkat hunian hotel dan konsumsi. Karena nanti di akomodasi dan konsumsi itu mengalami peningkatan. Beberapa hotel yang besar kami cek Horison Resort, Dafam, Egale full. Dampaknya sampai ke kota full," ungkap Agus. 

Namun, Agus mengakui bahwa ia tidak dapat memastikan penuh atau tidaknya homestay di wilayah Wonosobo, mengingat jumlah homestay yang cukup banyak, terutama di daerah Kejajar yang memiliki sekitar 200 penginapan. 

Dieng Culture Festival 2024, yang berlangsung hingga 25 Agustus, berhasil menarik minat wisatawan, baik lokal, luar daerah, maupun mancanegara.  Event ini tidak hanya menjadi ajang budaya, tetapi juga menjadi pendorong signifikan bagi industri pariwisata dan ekonomi lokal di Wonosobo.

 

Share this Post: