Literasi Digital Desa Mlandi, Program Kolaborasi UIN Walisongo dan Diskominfo Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Wonosobo mengadakan program literasi digital di Desa Mlandi. Program ini, yang diberi nama "Mlandi Goes To Diskominfo," diadakan pada Selasa, 3 September 2024, di Kantor Diskominfo Wonosobo, dengan 15 peserta yang mewakili Pemerintah Desa Mlandi, UMKM, serta tim media sosial dan website desa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Wonosobo, Fahmi Hidayat, membuka acara dengan menyambut para peserta dan menekankan pentingnya program ini sebagai langkah awal untuk memperkuat keterbukaan informasi dan membangun Diskominfo yang andal.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya. Kami berharap peserta dapat menyerap sebanyak mungkin informasi selama berada di sini. Selain itu, peserta juga akan belajar mengenai coding, pembuatan platform, dan produksi konten, termasuk podcast, WebTV, dan Pesona Radio,” kata Fahmi.

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Walisongo, Nilnan Ni’mah, menjelaskan bahwa program ini adalah bagian dari kegiatan tahunan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam.

“Wonosobo dipilih sebagai lokasi pengabdian masyarakat karena potensinya, termasuk Swiss Van Java. Kami ingin memberikan pendampingan kepada pemuda dan perangkat desa serta memperkuat literasi digital. Program ini juga merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang dilakukan pada bulan Juni, berkolaborasi dengan Diskominfo Wonosobo,” jelas Nilnan.

Salah satu peserta, Syifa, membagikan pengalamannya selama mengikuti pelatihan.

“Kami mendapatkan banyak ilmu disini, mulai dari belajar podcast hingga teknik pengambilan gambar dengan kamera profesional. Meski persiapan kurang maksimal, kami bisa menyerap banyak pengetahuan, terutama tentang WebTV Wonosobo dan potensi desa yang ada,” ungkap Syifa.

Program ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian masyarakat sebelumnya, seperti Focus Group Discussion dan Penguatan Literasi Digital di Desa Mlandi. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari implementasi kerja sama antara Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, serta sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Acara ditutup dengan penyampaian materi oleh Dimas Choirullah, yang memberikan tips dalam membuat konten menarik, termasuk cara menulis biodata, penggunaan caption dan hashtag, serta pentingnya konsistensi dalam membuat konten.

Share this Post: