KPU Wonosobo Tetapkan DPT Pilkada 2024 Sebanyak 698.869 Pemilih

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2024 dengan total 698.869 pemilih. Mereka akan menyalurkan hak suaranya di 1.556 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh kabupaten.

Ketua KPU Wonosobo, Ruliawan Nugroho, menjelaskan bahwa penetapan DPT melalui proses yang panjang, dimulai dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), dilanjutkan dengan proses pencocokan dan penelitian (coklit), hingga diumumkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS). "Setelah DPS diumumkan, kami melakukan uji publik di tingkat desa dengan mengundang tokoh masyarakat untuk memberikan masukan. Termasuk dari pihak calon, bawaslu, dan masyarakat yang memiliki bukti pendukung," ujarnya.

Ruliawan menegaskan bahwa angka 698.869 yang telah ditetapkan bersifat final dan akan menjadi dasar dalam pengaturan logistik serta kebutuhan lainnya dalam penyelenggaraan pemilu. Namun, data pemilih akan terus diperbarui hingga hari pemilihan pada 27 November 2024. "Jika ada pemilih baru yang memenuhi syarat. Seperti mereka yang baru berusia 17 tahun atau pensiunan TNI-Polri, data bisa bertambah. Sebaliknya, jika ada pemilih yang meninggal atau tidak memenuhi syarat, data akan dikurangi," jelasnya.

Dengan jumlah pemilih yang besar, KPU Wonosobo memastikan persiapan pemilu berjalan sesuai dengan rencana, termasuk dalam hal logistik dan distribusi TPS.

 

Share this Post: