Jangan Hanya ke Dieng, Jelajahi Air Terjun Indah di Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terkenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan. Namun, jika berkunjung ke Wonosobo, jangan hanya terfokus pada destinasi wisata di kawasan Dieng. Ada banyak tempat wisata alam lain yang menawarkan keindahan luar biasa, salah satunya adalah air terjun yang tersebar di berbagai sudut Wonosobo.

Berikut rekomendasikan tiga air terjun memukau yang bisa Kalian kunjungi untuk mengisi liburan akhir pekan:

1. Air Terjun Winong

Meskipun keberadaannya belum banyak diketahui, Air Terjun Winong menawarkan pemandangan yang sangat asri dan menenangkan. Untuk mencapai lokasi ini, Perlu berjalan kaki beberapa ratus meter. Namun, setelah tiba, lelah akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Air terjun ini menjulang setinggi 100 meter dengan aliran air yang deras, dikelilingi oleh pepohonan hijau lebat dan batuan besar. Keasriannya masih sangat terjaga karena belum banyak wisatawan yang mengunjunginya. Air Terjun Winong terletak di Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, dan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya Rp5.000.

2. Air Terjun Sikarim

Berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, Air Terjun Sikarim menawarkan udara yang sejuk dan segar. Lokasinya ada di Desa Sembungan, dan Hanya perlu trekking sejauh 30 meter untuk mencapainya. Setibanya di sana, Akan disambut dengan pemandangan air terjun setinggi 125 meter yang diapit oleh tebing-tebing tinggi.

Keunikan air terjun ini adalah puncaknya yang sering tertutup kabut karena tingginya. Meskipun tidak bisa berenang di sini karena aliran sungainya yang kecil dan berbatu, Masih bisa menikmati bermain air di pinggiran sungai, berfoto, atau bahkan camping. Destinasi ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, dengan tiket masuk Rp10.000.

3. Air Terjun Sigludug

Air Terjun Sigludug menawarkan pengalaman yang berbeda dari air terjun lainnya di Wonosobo. Di sini, Akan menemukan dua air terjun dengan suhu air yang berbeda, salah satunya dengan air hangat setinggi 30 meter dan yang lain dengan air dingin setinggi 75 meter.

Keunikan lain dari air terjun ini adalah bentuknya yang menyerupai akar di antara pepohonan, bukan seperti tirai putih pada umumnya. Karena keindahan alamnya yang mempesona, Sigludug sering dijadikan tempat healing dan tujuan para fotografer untuk menangkap momen terbaik. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Lamuk, Desa Hutan, Kalidesel, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo. Wisata ini buka 24 jam setiap hari dengan tiket masuk hanya Rp5.000.

Ketiga air terjun ini tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga suasana alam yang tenang, ideal untuk yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari. Keindahan alam yang begitu alami dan eksotis akan membuat pengalaman liburan di Wonosobo semakin berkesan.

Share this Post: