Diskusi Budaya dan Pelestarian Alam di Lereng Gunung Prau Bersama Tanto Mendut

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Budayawan nasional Tanto Mendut bersama sejumlah seniman Wonosobo akan mengadakan diskusi di Desa Wisata Igirmranak, Kejajar, pada Sabtu (19/10). Diskusi yang berfokus pada kehidupan budaya dan pelestarian alam di lereng Gunung Prau ini akan dimulai pukul 14.00 WIB di lapangan desa. Acara tersebut akan dimeriahkan oleh pementasan seni dari ratusan penari Rumah Tari Ngesti Laras Wonosobo yang diasuh oleh Mulyani.

Tanto Mendut, yang lahir dengan nama Sutanto pada 5 Februari 1954, adalah pendiri dan pemimpin Komunitas Lima Gunung. Komunitas ini sering menggelar perhelatan seni-budaya berskala internasional di puncak gunung, melibatkan masyarakat lokal dari lima gunung: Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Menoreh. Dedikasinya dalam memberdayakan masyarakat melalui seni dan budaya telah mendapat penghargaan dari Yayasan Sains Estetika dan Teknologi, serta Maestro Seni Tradisional dari Kementerian Pendidikan. Ia juga pernah menerima Gus Dur Award dari Wahid Institute, serta beberapa penghargaan lain atas karyanya di bidang seni dan musik.

Diskusi ini diharapkan dapat memperkuat upaya pelestarian alam dan budaya di wilayah lereng Gunung Prau serta mempererat hubungan antara seniman dan masyarakat lokal.

 

Share this Post: