Meningkatnya Jumlah Pengunjung Perpustakaan Daerah Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Dalam dua bulan terakhir, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Wonosobo mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Ripto Hartanto, Pelaksana Bidang Perpustakaan, menjelaskan bahwa peningkatan ini mulai terasa sejak bulan September.  

“Kenaikan pengunjung sudah mulai terasa sejak September lalu. Kebetulan di bulan September ada kegiatan Bulan Gemar Membaca. Selain itu di Oktober ini juga ada Bulan Bahasa. Biasanya dari pihak sekolah sudah berkoordinasi dengan kami beberapa hari sebelum kunjungan. Lalu kami atur jadwalnya biar nggak bertabrakan,” ujar Ripto.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, Perpusda melakukan berbagai upaya, seperti mengadakan lomba-lomba untuk masyarakat umum dan pelajar. Beberapa kegiatan yang diadakan antara lain lomba resensi buku untuk anak SMA, pameran lukisan dan buku, Festival Literasi, Festival Tunas Bahasa Ibu, serta Lomba Mapsi untuk anak SD.

Perpusda juga membuka kesempatan bagi komunitas untuk menggunakan fasilitas yang tersedia. Salah satu komunitas yang bekerja sama adalah Persatuan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani), yang menggunakan ruang rapat di Perpusda untuk latihan kepranatacaraan.

“Sanggar tari Ngesthi Laras juga menggunakan area Perpusda untuk latihan pada Minggu pagi,” tambah Ripto.

Untuk lebih mendekatkan diri dengan pembaca, Perpusda juga mengadakan perpustakaan keliling. “Dari sekolah atau desa binaan, mengajukan permintaan ke Perpusda. Nanti kami akan menjadwalkan kapan perpustakaan keliling akan mengunjungi sekolah mereka,” ucap Ripto.

 

Share this Post: