Gempa Bumi di Yogyakarta dan Sekitarnya

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Pada 26 Agustus 2024, terjadi gempa bumi yang dirasakan di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Gempa ini terjadi pada pukul 19:57:39 WIB dan berkekuatan Magnitudo 5,6. Pusat gempa berada di laut, tepatnya di 103 km barat daya Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan kedalaman 10 kilometer.

Menurut informasi yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada di titik koordinat 8,85 derajat Lintang Selatan dan 110,24 derajat Bujur Timur. BMKG menyampaikan informasi ini melalui cuitan di media sosial resminya, menekankan bahwa data yang disampaikan mengutamakan kecepatan sehingga hasil pengolahan data awal mungkin belum sepenuhnya stabil dan bisa berubah seiring dengan kelengkapan data yang masuk.

Meskipun gempa ini cukup kuat, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan signifikan atau korban jiwa. Namun, masyarakat di sekitar wilayah Yogyakarta dan Gunungkidul diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi dari pihak berwenang, mengingat gempa susulan mungkin saja terjadi.

BMKG juga mengingatkan bahwa informasi awal tentang gempa selalu berpotensi untuk diperbarui seiring dengan proses analisis data yang lebih mendetail. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk selalu memantau informasi terbaru yang disampaikan oleh BMKG atau instansi terkait lainnya.

 

Share this Post: