Fashion Show Domba Batur yang Menggemaskan Hadir di Dieng Culture Festival 2024

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Dieng Culture Festival (DCF) tahun ini semakin semarak dengan adanya acara unik berupa fashion show yang menampilkan 50 domba Batur khas Dieng. Acara ini juga dilengkapi dengan kegiatan cukur bulu domba dan penyajian hidangan berbahan dasar domba Batur.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (Distankan dan KP) Banjarnegara, Akhmad Husen, menginformasikan bahwa fashion show domba ini akan berlangsung akhir pekan ini. Domba-domba yang akan tampil merupakan hasil ternak dari kawasan dataran tinggi Dieng. Akhmad menjelaskan bahwa sebanyak 50 ekor domba Batur yang dipilih berasal dari Kecamatan Batur, Pagentan, dan Pejawaran, dan semuanya adalah domba-domba terbaik.

Ia berharap bahwa dengan menampilkan domba-domba lucu ini dalam fashion show dan acara cukur bulu, para wisatawan dapat terhibur sekaligus mengenal lebih dalam tentang domba Batur. Festival ini akan diadakan pada hari pertama DCF, yakni Jumat, 23 Agustus, mulai pukul 9 pagi.

Pada malam harinya, pengunjung akan berkesempatan mencicipi berbagai olahan domba Batur, termasuk sate dan tengkleng.

Ketua DCF, Alif Fauzi, menyatakan bahwa festival domba Batur sengaja menjadi bagian dari agenda DCF karena domba Batur dianggap sebagai potensi budaya lokal yang penting untuk diperkenalkan kepada khalayak lebih luas. Alif menambahkan bahwa budaya tidak hanya mencakup ritual, tetapi juga meliputi kuliner dan produk lokal lainnya, seperti carica, purwaceng, dan domba Batur.

Dengan rangkaian kegiatan ini, DCF diharapkan bukan hanya menjadi acara hiburan, tetapi juga menjadi sarana edukasi dan promosi budaya serta ekonomi lokal yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Dieng dan sekitarnya.

Share this Post: