FKPPI wonosobo melakukan kunjungan ke rumah produksi Jamu

Share this Post:
Standard Post with Image

 

wonosobonews.com - Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri 1107/Wonosobo (FKPPI) melakukan kunjungan ke rumah produksi Jamu Tradisional di Mirombo, Rt 01/01, Rojoimo, Wonosobo pada Minggu, 17 Desember 2023. Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua FKPPI 1107/Wonosobo, Agus Purnomo, dan diterima oleh Sudaryati, Ketua Kelompok Wanita Tani Mandiri (KWT Mandiri).

Awal berdirinya KWT Mandiri bermula dari keprihatinan Sudaryati terhadap para ibu di lingkungan tempat tinggalnya yang terlilit oleh rentenir saat membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Untuk mengatasi masalah tersebut, Sudaryati mengusulkan pembentukan kelompok wanita untuk meramu jamu dengan harapan hasilnya dapat membantu perekonomian keluarga.

Proyek ini mendapatkan dukungan dari Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat itu, Agus Purnomo SH, Msi, yang kini setelah pensiun menjabat sebagai Ketua FKPPI 1107/Wonosobo. Dukungan ini juga membantu KWT Mandiri mendapat kesempatan untuk memamerkan jamu ke Suriname dengan modal sendiri, meskipun awalnya dianggap sebagai ide yang kurang masuk akal.

Meskipun mendapatkan cemoohan, Sudaryati dan tiga rekannya dari Jogja, Kalimantan, dan Sumatra berhasil melakukan perjalanan ke Suriname, dengan hasil penjualan jamu yang habis terjual bahkan lebih. Kesuksesan ini membawa Sudaryati bertemu dengan Bayer di Suriname, dan pasokan jamu dari KWT Mandiri terus berlanjut. Sudaryati bahkan berencana untuk berangkat haji pada tahun 2024 dari hasil usahanya.

Kisah sukses KWT Mandiri juga mencakup perjalanan Sudaryati ke 17 negara dan penandatanganan Mou dengan perusahaan luar negeri yang direncanakan akan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Wonosobo pada bulan Maret 2024. Ketua FKPPI Wonosobo, Agus Purnomo, berharap usaha jamu terus maju, memberikan kontribusi positif pada perekonomian ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya, dan meraih lebih banyak kesuksesan di masa depan.

Share this Post: