Ekspedisi Kegiatan Kebersihan Gunung Prau Libatkan 250 Relawan

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Sebanyak 250 relawan turut serta dalam ekspedisi bersih-bersih di Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah. Aksi ini berlangsung selama dua hari, mulai Rabu (28/8/2024) hingga Kamis (29/8/2024).

Para relawan, yang terdiri dari 150 orang dari Jakarta dan 100 peserta dari daerah setempat, memulai pendakian pada Rabu pagi. Mereka dilepas langsung oleh Asisten Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Budi Prasetyo.

Kegiatan ini bertajuk "Aksi Nyata Revolusi Mental Bersih Gunung Prau" sebagai bagian dari gerakan nasional revolusi mental, khususnya gerakan Indonesia bersih. Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Warsito, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan melibatkan anak muda dalam upaya pelestarian lingkungan.

"Kegiatan ini sangat strategis untuk menanamkan nilai-nilai utama revolusi mental, yaitu etos kerja, gotong royong, dan integritas," ujar Warsito.

Aksi bersih-bersih Gunung Prau dilakukan di delapan titik yang mencakup berbagai ketinggian di Gunung Prau serta kawasan wisata sekitarnya. Relawan dibagi menjadi dua kelompok utama: tim gerakan bersih Gunung Prau dan tim gerakan bersih wisata alam Dieng.

Kegiatan ini melibatkan kolaborasi berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta, komunitas pencinta alam, akademisi, dan media. Beberapa instansi dan organisasi yang terlibat antara lain Kemenko PMK, Kemenko Marvest, KLHK, Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Banjarnegara dan Wonosobo, Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), Trashbag Community, UNJ, Mapala UI, Mapala Unsoed, Mapala Unsiq, BRI, dan Arei Outdoor Gear.

Dalam sambutannya, Budi Prasetyo menekankan bahwa aksi ini bukan hanya tentang membersihkan gunung, tetapi juga tentang membudayakan dan membiasakan pentingnya kebersihan untuk menginspirasi masyarakat agar lebih peduli pada kelestarian lingkungan.

Aksi bersih Gunung Prau ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang dilakukan tahun lalu di Gunung Pangrango, di mana tim berhasil mengumpulkan sekitar 483 kilogram sampah.

 

Share this Post: