Dharma Wanita Persatuan meningkatkan kesadaran kaum perempuan di Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Perayaan yang berkesan diadakan, menandai ulang tahun ke-24 Dharma Wanita Persatuan  sebuah organisasi yang dengan gigih memperjuangkan kemajuan perempuan dan inisiatif pembangunan berbasis gender.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Wonosobo, Andang Wardoyo, pada acara silaturahmi di Pendopi Selatan, Kamis, 7 Desember 2023, menyoroti peran strategis serikat pekerja ini tidak hanya di tengah masyarakat, namun juga sebagai mitra penting pemerintah.

“Menjelang usia seperempat abad, Dharma Wanita Persatuan, semakin mantap secara kelembagaan, terus meningkatkan kiprah dan karyanya, serta mampu mengambil peran strategis dalam pembangunan dan pengentasan problematika daerah. Untuk itu, saya mengajak seluruh jajaran Dharma Wanita Persatuan melakukan gerakan-gerakan riil, dalam membangkitkan kaum perempuan untuk lebih mandiri, berdaya, dan partisipatif dalam segala lini kehidupan,” pinta Andang.

Organisasi ini, dengan sejarah panjangnya dalam mendukung peran aktif perempuan, saat ini mengemban misi krusial dalam menumbuhkan kesadaran para perempuan untuk tidak hanya berpartisipasi, melainkan juga menjadi pemain strategis dalam pembangunan nasional. juga sebagai wadah bagi anggotanya agar mampu memberi kontribusi signifikan di berbagai bidang dari pendidikan hingga lingkungan serta mendukung pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan

“Saya minta kepada seluruh pimpinan Perangkat Daerah selaku Pembina Dharma Wanita Persatuan, agar senantiasa memberikan dukungan dengan menjadi teladan, melakukan pembinaan dan kerja sama yang baik, serta memberikan arahan untuk kemajuan Dharma Wanita Persatuan,” tegas Setda.

Sementara itu, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Wonosobo berdiri sebagai mercusuar pemberdayaan dan pengabdian masyarakat yang memimpin adalah Ny. Wien Andang Wardoyo, yang kepemimpinan visionernya mendorong pertumbuhan dan pengaruh organisasi dengan seruan penuh semangat untuk memperkuat kehadiran masyarakat, Ny. Wardoyo telah mengarahkan perhatiannya untuk memanfaatkan potensi penuh dari peran Dharma Wanita Persatuan. Aspirasinya bukan hanya untuk mematuhi misi dan visi yang diamanatkan oleh organisasi, tetapi juga untuk melampaui batas-batas konvensional dengan menciptakan inisiatif yang berdampak.

 

“Momentum ini mampu memperkuat tali silaturahmi, serta memperkokoh persatuan dan kebersamaan kita dalam rangka membangun dan memajukan Kabupaten Wonosobo. Mudah-mudahan untuk kedepannya DWP Kabupaten Wonosobo akan lebih maju, terus terjaga kekompakannya, saling  bersilaturahmi antar sesama anggota dalam meningkatkan peran perempuan dalam membantu program pemerintah daerah mewujudkan Wonosobo berdaya saing, maju, dan Sejahtera,” jelas Ny. Wien Andang.

Selain itu, beberapa tahun terakhir, komitmen global terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan telah mencapai momentum yang belum pernah terjadi sebelumnya, hal ini terlihat dari dimasukkannya isu-isu tersebut dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Dharma Wanita Persatuan diharapkan mampu mengambil peran mengawal dan mewujudkannya di Kabupaten Wonosobo.

Dharma Wanita Persatuan, juga diminta mampu memelihara semangat dan etos kerja yang tinggi, dalam menghadirkan program-program kreatif, inovatif, produktif, dan solutif bagi anggota serta masyarakat. “Diusia yang sudah lebih dari dua dekade ini, Dharma Danita Persatuan mampu menguatkan langkahnya sebagai organisasi yang senantiasa mengambil peran aktif dan strategis dalam pembangunan nasional,” pungkasnya.

Share this Post: