Booth UMKM Banjarnegara Meriahkan Dieng Culture Festival 2024

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Dieng Culture Festival (DCF) 2024 menjadi wadah untuk memperlihatkan seluruh potensi Kabupaten Banjarnegara, tidak hanya dari segi pariwisata, tetapi juga sektor ekonomi. Event berskala nasional ini turut melibatkan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM dalam memperkenalkan produk-produk unggulan dari dataran tinggi Dieng.

Bank Indonesia melalui Kantor Perwakilan Purwokerto kembali menjadi bagian dari penyelenggaraan Dieng Culture Festival 2024, yang masuk dalam Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. Sebagai bank sentral, Bank Indonesia memiliki tujuan untuk menjaga stabilitas nilai rupiah, memelihara sistem pembayaran, dan memastikan kestabilan sistem keuangan guna mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Sejalan dengan tujuan tersebut, Dieng Culture Festival 2024 diyakini mampu memberikan dampak besar terhadap pengembangan ekonomi daerah.

Christoveny, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Purwokerto, menekankan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke DCF diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

"Wisatawan yang datang akan berdampak bagi pendapatan masyarakat di sini. Ekonomi umum dan syariahnya tumbuh baik seperti hotel, resto, dan semuanya," ujar Christoveny, Jumat (23/8/2024).

Beliau juga optimis bahwa DCF akan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat secara keseluruhan dengan efek berganda, mengingat banyaknya kegiatan ekonomi seperti festival kopi dan ekonomi syariah yang turut hadir dalam event ini.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif, Bank Indonesia Purwokerto turut memfasilitasi pameran UMKM pada Dieng Culture Festival 2024. Sebanyak 30 UMKM kopi, yang terdiri dari 15 UMKM hulu dan 15 UMKM hilir yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Indikasi Geografis (MPIG), turut berpartisipasi dalam pameran ini. Selain itu, terdapat 15 klaster UMKM lainnya yang bergerak di bidang makanan, minuman, kerajinan, dan fashion yang juga merupakan binaan Bank Indonesia.

Para pengunjung Dieng Culture Festival 2024 dapat membeli produk-produk khas Banjarnegara yang tersedia di booth atau tenant UMKM yang tersebar di area Panggung Pandawa dan Panggung Arjuna.

Share this Post: