Permadani Wisuda 144 Siswa Program Panatacara dan Pamedhar Sabda di Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Wonosobo melaksanakan acara wisuda untuk 144 siswa purna wiyata program pawiyatan panatacara dan pamedhar sabda ke-20.

Acara tersebut berlangsung di Gedung Sasana Adipura Kencana, Wonosobo, pada Minggu (21/1/2024).

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, dan Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, turut hadir dalam acara wisuda tersebut, bersama dengan jajaran Forkompinda, perwakilan Permadani Pusat dan Permadani Jawa Tengah, sesepuh Permadani Wonosobo, serta pengurus DPD Permadani setempat.

Ketua DPD Permadani Wonosobo, F Suharyono, menjelaskan bahwa Permadani merupakan organisasi kemasyarakatan non-partisan dan non-komersil yang menekankan rasa persaudaraan serta berusaha mempertahankan budaya asli Indonesia.

 "Permadani senantiasa menggali, mempelajari, dan mengembangkan budaya nasional di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan budaya nasional bisa tumbuh, lestari, dan berkembang sesuai zamannya," ujarnya.

Kepala Pawiyatan Panatacara dan Pamedhar Sabda, Mukholis, menyampaikan bahwa pelatihan Permadani dilaksanakan selama enam bulan, dimulai dari bulan Juni hingga Desember 2023. Pelatihan dilakukan di Kantor Arpusda Wonosobo dan Kampus PKBM Prospek Gondang Watumalang.

"Kursus yang digelar Permadani diawali dengan purwa wiyata, pawiyatan panatacara dan pamedhar sabda, wisata budaya, gladen paragan siswa, paragan dwija, pandadaran (ujian tertulis dan praktek), dan dipungkasi wisuda purna wiyata seperti kali ini," jelas Mukholis.

Ketua Bidang Organisasi DPD Permadani Wonosobo, Tolhah Mahsun, menambahkan bahwa pada tahun ini, Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar dan Kepala Disdikpora Wonosobo Musofa diangkat sebagai anggota kehormatan. Sebelumnya, pada tahun sebelumnya, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat juga telah menjadi anggota kehormatan Permadani.

 

 

Share this Post: