Pemerintah Kabupaten Wonosobo Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Jalan Tahun Ini

Share this Post:
Standard Post with Image

wonosobonews.com - Pemerintah Kabupaten Wonosobo memutuskan untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan pada tahun ini, mengingat masih banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan. Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Wonosobo, Afton Reza, menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur jalan dilanjutkan berdasarkan alokasi anggaran yang telah dialokasikan pada tahun sebelumnya.

"Kita beruntung tahun 2023 alokasi infrastruktur jalan yang terbesar. Setidaknya ada 64 persen lebih untuk infrastruktur penanganan jalan," ujar Afton.

Pada tahun 2023, anggaran sebesar Rp 254 miliar lebih telah direalisasikan untuk pembangunan infrastruktur, termasuk progres percepatan penanganan infrastruktur jalan, gedung pemerintah, dan irigasi pertanian. Untuk tahun 2024, DPUPR Kabupaten Wonosobo akan mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 123 miliar dari berbagai sumber.

Namun demikian, alokasi anggaran tersebut mengalami penurunan karena partisipasi dalam program Bantuan Hibah Jalan Daerah (BHJD) telah selesai. Alokasi anggaran terdiri dari Dana Alokasi Khusus (DAK), bantuan anggaran provinsi (Banprov), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten.

"Dari anggaran DAK, akan digunakan untuk mendukung program tematik, terutama untuk sektor pariwisata dan pertanian," kata Afton.

Meskipun anggaran terus digelontorkan, penyelesaian infrastruktur jalan masih menjadi tantangan berat di Wonosobo. Tingkat kemantapan jalan di kabupaten ini masih sekitar 65 persen, dengan panjang jalan yang ditangani mencapai hampir 1000 kilometer.

"Kita menangani panjang jalan nyaris 1000 kilometer. Tentu masih butuh tenaga ekstra untuk bisa merampungkannya," tambah Afton.

Share this Post: