Mahakarya Batik Khas Wonosobo Karya UMKM Go Internasional

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.id - Manjakan diri dalam keajaiban eklektik keahlian Indonesia dengan eksplorasi terbaru kami ke jantung budaya Jawa - peragaan busana unik yang baru-baru ini menghiasi Alun-Alun Kota Wonosobo. Menampilkan desain Batik khas yang diukir secara otentik oleh para perajin Wonosobo, Jawa Tengah, acara ini merupakan momok warisan budaya Indonesia yang mewah. Melalui acara fesyen 'Pesona Batik Wonosobo' yang diadakan sebagai bagian dari Sobo Craft 2023, sebuah inisiatif kolaborasi pengrajin Batik lokal, UKM, dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Wonosobo, Tengah. Jawa Minggu (8/10/2023).

Kegiataan ini bertujuan melestarikan batik sebagai warisan budaya nusantara dan mempromosikan batik khas Wonosobo ke tingkat nasional. Dyah Retno Sulistyowati, Ketua Dekranasda Wonosobo, menjelaskan, upaya ini tidak hanya sebagai bagian dari peringatan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2023, namun juga sebagai wadah untuk menonjolkan potensi batik di Wonosobo. Bergabunglah bersama kami saat kami mengungkap lapisan proyek luar biasa ini.

“Untuk peserta gelar batiknya saja ada sekitar 110 peserta dan untuk yang ikut lombanya ada 50 peserta yang dibagi dalam 2 kategori umur, anak dan dewasa,” terangnya.

Sementara itu Bupati Wonosobo, Afif Nur Hidayat, yang ikut turut memperagakan busana batik mengajak warga untuk turut melestarikan dan mengenakan batik dalam setiap acara.

“Harapannya batik Wonosobo bisa go internasional, kalau bukan warga Wonosobo siapa lagi yang mencintai dan menghargai karya batik ini,” tegasnya.

Peragaan busana batik unik di Sobo Craft Fair 2023. Menarik, penuh warna, dan sangat indah, peragaan busana ini tidak hanya menarik partisipasi masyarakat umum, namun juga dimeriahkan oleh para anggota Forum Komunikasi Kabupaten Wonosobo. Mari jelajahi dan selami kekayaan budaya dari peristiwa luar biasa ini.

Share this Post: