Lima Rekomendasi Wisata Alam di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Dataran Tinggi Dieng yang berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dikenal dengan udaranya yang sejuk, lanskap alam menawarkan pesonanya, hingga keajaiban-keajaiban alam yang akan menyihir siapapun.

Berikut 5 rekomendasi wisata alam di Kabupaten Wonosobo:

1. Bukit Sikunir

Berada di ketinggian 2.463 mdpl, dari ketinggian tersebut, wajah pagi akan dibuka dengan panorama sunrise terbaik di Jawa Tengah.

Bukit Sikunir yang juga dikenal sebagai The Best Sunrise in Indonesia berada di Desa Sembungan Kecamatan Kejajar.

Untuk mencapai puncak bukit, wisatawan hanya menempuh waktu sekitar 30 menit dengan berjalan kaki melalui trek yang sudah tersedia.

2. Curug Sikarim
Curug Sikarim merupakan curug tertinggi di Pulau Jawa, berada di Desa Sembungan Kecamatan Kejajar, merupakan salah satu air terjun yang berada di dataran tinggi Dieng, jaraknya 17 kilometer dari ibukota Kabupaten Wonosobo.

Berada pada ketinggian 1800 mdpl, sumber air terjun ini berasal dari limpahan air kelompok Gunung Sikunir dan Pakuwaja, yang kemudian mengalir menuruni tebing yang tingginya mencapai 125 meter.

Lokasinya yang sejuk berada di antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir, di sepanjang perjalanan menuju Curug Sikarim wisatawan dapat menikmati pemandangan khas pegunungan dengan hamparan area pertanian, kebun labu siam, kubis, dan daun bawang menghiasi dataran ini serta banyak juga hutan pakis. Ditambah ketika debit air besar air terjun ini lebih dari satu aliran sehingga terlihat sangat megah.


3. Gunung Prau
Puncak Gunung diatas 2.590 mdpl yang menyajikan keindahan panorama dan warna. Di puncak gunung ini sama halnya kita menapaki titik perbatasan 5 wilayah pemerintah daerah, yaitu Kab. Kendal, Batang, Banjarnegara, Wonosobo, dan Temanggung.

Gunung Prau menjadi tempat pendakian yang paling sering dikunjungi, karena pendakiannya hanya membutuhkan waktu hanya 5 jam.

4. Gunung Bismo
Gunung Bismo menjadi kunjungan para pecinta alam yang sedang naik daun di Wonosobo. Gunung ini sangat direkomendasikan karena, selain alamnya yang masih asri, gunung ini belum banyak yang mengetahui keindahannya.

Gunung Bismo memiliki slogan Menanjak Minimal, View Maksimal wisatawan sudah dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset dari atas Gunung Bismo dengan pemandangan alam yang masih sangat alami dan asri.

5. Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Disebut telaga warna dikarenakan telaga ini mampu memantulkan pancaran berbagai warna disebabkan adanya kadar mineral yang berwarna-warni dan sangat indah.

Telaga Warna berdampingan dengan telaga pengilon yang berkilau seperti cermin dikarenakan kejernihannya. ditempat ini juga banyak ditemukan Goa untuk melakukan meditasi dan mencari pencerahan hidup, sebuah area yang dipenuhi aroma mitos dari waktu ke waktu.

 

 

Share this Post: