Dorong UMKM Wonosobo “Go International”

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Pelaku Usaha Mikro Kecil, dan menengah (UMKM) di Wonosobo diminta untuk memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya, bertujuan agar UMKM bisa menembus pasar go internasional.

Demikian disampaikan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, di Pendopo Selatan, Kamis, beberapa waktu lalu.

Afif mengatakan, upaya untuk berubah ke go digital demi memajukan UMKM tersebut dapat dilakukan secara kolaboratif, seperti yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Wonosobo dengan PT Telkom Indonesia.

“Saya berterimakasih, atas terjalinnya kolaborasi yang dilakukan Kadin Wonosobo dengan Telkom Indonesia demi kemajuan UMKM di Wonosobo,” katanya.

Ketua Kadin Wonosobo Dwi Sukatman, menyampaikan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya guna mewujudkan UMKM yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat.

Dari 94 ribu UMKM di Indonesia, hanya 14 persen yang telah menerapkan digitalisasi sektor usaha. Hal itu disebabkan oleh permasalahan kompetensi, permodalan yang rendah. Karenanya, pihaknya berkomitmen memberikan pendampingan terhadap UMKM di Wonosobo, menuju market place yang lebih besar daripada saat ini.

“Kami akan Meningkatkan capaian angka tersebut untuk UMKM Wonosobo menuju go modern, go digital, dan go public,” jelasnya.

Share this Post: