Capai 100 Persen: PTSL Wonosobo 2023 Bawa Perubahan Mendasar pada Sertifikasi Tanah

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Kabupaten Wonosobo, 21 Januari 2024 - Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo, Agung Basuki, meraih sukses dalam pencapaian target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023.

Dengan fokus pada PTSL berbasis partisipasi masyarakat (PTSL PM), Kabupaten Wonosobo berhasil mencapai 100 persen dari target sertifikat hak atas tanah (SHAT) sebanyak 50.000.

"Target kami untuk sertifikat hak atas tanah adalah 50.000, alhamdulillah sudah tercapai 100 persen tahun 2023," ungkap Agung pada Minggu (21/1/2024).

Pencapaian tersebut mendapatkan apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) sebagai kabupaten dengan penyelesaian PTSL tercepat. Penyerahan sebagian sertifikat dilakukan oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, sementara penyerahan final oleh Presiden Joko Widodo di Alun-alun Kabupaten Wonosobo pada Senin (22/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyerahkan 3.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Wonosobo, Purworejo, dan Kebumen, menandai penyelesaian distribusi 50.000 sertifikat tanah di Kabupaten Wonosobo.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo, Agung Basuki, menjelaskan bahwa sertifikat tanah tidak hanya diberikan kepada masyarakat, namun juga mencakup sertifikasi aset pemerintah daerah. Program BMN pensertipikatan barang milik negara perbatasan dalam negara, serta sertifikat pemerintah daerah BMD (Barang Milik Daerah), termasuk dalam pencapaian tersebut.

"Sertifikat (tanah) itu selain memberikan kepastian hak, sertifikat itu juga mempunyai fungsi ekonomi. Bisa dijadikan jaminan untuk usaha, tentunya bisa meningkatkan tingkat ekonomi," kata Agung.

Untuk tahun 2024, Kabupaten Wonosobo berkomitmen melanjutkan PTSL berbasis partisipasi masyarakat (PTSL PM), dengan menetapkan target sertifikat hak atas tanah (SHAT) sebanyak 45.000 bidang tanah untuk direalisasikan.

 

 

Share this Post: