Bupati Wonosobo Ajak Masyarakat Berperan Aktif dalam Pengawasan Pemilu

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi proses Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan datang. Afif meminta agar setiap dugaan pelanggaran atau kecurangan pemilu dilaporkan kepada pihak berwenang.

"Marilah kita berpartisipasi dalam pemilu dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik," ujar Afif saat memberikan sambutan dalam Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu dengan tema "Wujudkan Pemilu Damai dan Berintegritas" di Wisata Telaga Menjer, Selasa, 6 Februari 2024.

Afif menekankan pentingnya netralitas dan independensi lembaga penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kita harus berkomitmen untuk menghindari politik identitas, fitnah, atau provokasi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa," tambahnya.

Ketua Bawaslu Wonosobo, Sarwanto Priadhi, menjelaskan bahwa Apel Siaga Tahapan Pengawasan Pemilu 2024 bertujuan untuk menyatukan langkah dan koordinasi antara berbagai pihak terkait dalam menjaga keamanan, ketertiban, serta integritas selama proses pemilu.

"Mengambil tema 'Mewujudkan Pemilu Damai & Berintegritas' mencerminkan komitmen kita bersama untuk menjaga tegaknya demokrasi dan menjalankan proses pemilu secara adil, transparan, serta berintegritas," jelas Sarwanto.

Bawaslu juga menegaskan perlunya mempersiapkan mental dan kinerja para pengawas pada semua tingkatan agar dapat melaksanakan tugas pengawasan dengan profesional, berintegritas, jujur, dan adil.

"Momentum Apel Pengawasan merupakan salah satu upaya dalam memantapkan sikap dan kinerja para pengawas," pungkasnya.

 

Share this Post: