Akses Jalan Terputus Akibat Tebing Setinggi 20 Meter Longsor di Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

Sebuah tebing setinggi 20 meter di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mengalami longsor pada malam Rabu (31/1/2024), menutup akses jalan kabupaten Kaliwiro - Medono. 

 

Kejadian tersebut menyebabkan akses jalan kabupaten tersebut tidak dapat dilewati sama sekali, dan warga diharuskan melakukan putaran jika ingin menuju Kecamatan Kaliwiro atau sebaliknya.

 

Kepala BPBD Kabupaten Wonosobo, Dudy Wardoyo, menjelaskan bahwa longsor terjadi sekitar pukul 20.00 WIB dan disebabkan oleh hujan deras yang melanda daerah tersebut selama sekitar 3 jam. Tebing setinggi 20 meter dan lebar 30 meter tersebut menutup bahu jalan Kabupaten Kaliwiro - Medono. 

 

Dudy menyebut bahwa ketebalan tanah yang menutup akses jalan mencapai sekitar 1 meter, dan pembersihan tidak dapat dilakukan secara manual, memerlukan penggunaan alat berat.

 

"Excavator akan diperlukan untuk melakukan pengerukan atau pembersihan material longsor yang menutup jalan kabupaten," ujar Dudy. Operasi pembersihan rencananya akan dilakukan pada hari yang sama oleh tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, dan warga setempat. Dikarenakan tanah masih bergerak dan untuk mengantisipasi longsor susulan, jalan saat ini ditutup total.

Share this Post: