Tim Inspeksi Kesehatan Lingkungan Dinkes Wonosobo Gencar Awasi Kebersihan Tempat Penjualan Makanan

Share this Post:
Standard Post with Image

WonosoboNews.com - Tim Inspeksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo turun langsung ke tempat penjualan makanan, termasuk kios, warung, dan pedagang kaki lima guna antisipasi peredaran makanan yang tidak layak konsumsi dan sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat.

Punjiati, anggota tim inspeksi dari Dinkes Wonosobo, menyampaikan bahwa tim memeriksa kondisi tempat sanitasi, kebersihan peralatan memasak, dan penyajian makanan, serta pengelolaan limbah secara tepat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melihat apakah tempat jualannya layak, penjualnya sehat atau tidak, higienitas sanitasinya seperti apa, banyak hal yang dicek mulai dari lokasi, pengolahan, dan penjual," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan diberikan kepada para pedagang agar dapat mencegah penyebaran penyakit yang dapat ditularkan melalui makanan.

"Maksud dari inspeksi ini adalah agar penjual makanan memahami bagaimana menyajikan dan menjual makanan yang sehat. Menjual makanan sehat bukan hanya dari bentuk fisik, melainkan dari proses awal memilih bahan makanan, tempat, alat-alat yang digunakan, air, dan orang yang mengolahnya," jelasnya.

Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo mengajak seluruh masyarakat, khususnya para pedagang makanan, untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan dalam setiap aktivitas, demi terciptanya lingkungan yang sehat dan aman bagi semua.

 

Share this Post: