Tantangan dan Harapan untuk Profesi Dokter di Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo, menyatakan bahwa profesi dokter memiliki posisi yang sangat penting di tengah masyarakat. Dokter berperan mendasar dalam menjaga dan memulihkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Namun, saat ini dokter menghadapi tantangan besar, terutama dengan adanya transformasi kesehatan di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan oleh Andang saat menghadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Wonosobo Periode 2024-2027 dan Pembukaan Sosialisasi Plataran Sehat dan SKP pada Rabu, 7 Agustus 2024, di Hotel Eagle Wonosobo. 

Andang menambahkan bahwa IDI, sebagai organisasi yang menaungi profesi dokter, memiliki tanggung jawab moral untuk membentuk karakter dokter yang baik sesuai dengan kode etik kedokteran. Ia berharap bahwa dengan dilantiknya pengurus baru, IDI Cabang Wonosobo akan semakin solid dan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat serta mengedukasi mereka tentang pola hidup sehat.

"Kami harap IDI Cabang Wonosobo dapat semakin solid di internal organisasi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat maupun dalam mengedukasi penerapan pola hidup sehat," ujar One Andang Wardoyo.

Ketua IDI Jawa Tengah, dr. Tlogo Wismo Agung Durmanto, menyoroti tantangan yang dihadapi IDI, terutama dengan diberlakukannya UU Nomor 17 Tahun 2023 yang meningkatkan tuntutan terhadap pelayanan kesehatan. Menurutnya, undang-undang ini merupakan tonggak penting yang mencerminkan komitmen pemerintah dalam menghadapi berbagai dinamika di sektor kesehatan. Oleh karena itu, pemahaman mendalam mengenai implikasi dan strategi implementasinya menjadi sangat penting.

“IDI yang hanya menjadi bagian dari salah satu organisasi profesi di bidang kesehatan tetap memerlukan kerja sama dan kolaborasi antar berbagai organisasi profesi," jelasnya. Ia juga berharap agar IDI bisa lebih agresif dalam menegakkan kode etik kedokteran di Indonesia.

Ketua IDI Cabang Wonosobo yang baru terpilih, dr. Irwan Ronal Simamora, menegaskan komitmennya untuk menjunjung tinggi kode etik dan etika profesi kedokteran. Ia berharap para pengurus yang baru dilantik dapat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

"Karena masalah kesehatan semakin hari semakin kompleks. Banyak penyakit atau problem kesehatan yang sifatnya degeneratif akibat pola hidup yang berubah, modernisasi, dan lainnya. Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah maupun organisasi lainnya dalam mendukung kemajuan kesehatan di Wonosobo." tandas dr. Irwan Ronal Simamora.

Share this Post: