Pendakian Gunung Bismo via Sikunang dan Silandak Ditutup Sementara Selama Ramadhan 2024

Share this Post:
Standard Post with Image

wonosobonews.com - Jalur pendakian Gunung Bismo di Wonosobo melalui rute Sikunang dan Silandak akan ditutup sementara selama bulan Ramadhan 2024. Meskipun beberapa pendaki mungkin masih akan melakukan pendakian selama bulan puasa, penutupan ini diharapkan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para pendaki yang berpuasa.

Gunung Bismo, dengan ketinggian 2.365 meter di atas permukaan laut (mdpl), merupakan salah satu gunung yang cukup populer di Jawa Tengah. Terdapat dua jalur pendakian utama, yaitu melalui Silandak dan Sikunang.

Pendakian melalui jalur Sikunang terkenal karena kemudahan akses, bahkan pendaki dapat naik ojek hingga ke Pos 2 dan melanjutkan perjalanan menuju puncak dalam waktu kurang dari 1 jam.

Namun, selama bulan Ramadhan tahun 2024, para pendaki harus mencari alternatif lain karena kedua jalur pendakian Gunung Bismo akan ditutup sementara.

"Pendakian Gunung Bismo via Sikunang akan ditutup mulai tanggal 11 Maret 2024," ujar Ibnu, seorang pengelola Basecamp Bismo melalui jalur Sikunang. "Penutupan akan berlangsung selama satu bulan dan diperkirakan akan dibuka kembali pada tanggal 12 April 2024."

Informasi serupa juga disampaikan oleh Subekhi, pengelola Basecamp Pendakian Gunung Bismo via Silandak. "Selama bulan Ramadhan, pendakian via Silandak akan ditutup," katanya. "Penutupan ini akan berlangsung selama satu bulan dan biasanya akan dibuka kembali satu hari setelah Lebaran."

 

Share this Post: