Pelantikan Pengurus Baru IDI Wonosobo Penekanan pada Kode Etik Profesi Dokter

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Sekretaris Daerah Wonosobo, One Andang Wardoyo, secara resmi membuka pelantikan Pengurus IDI Cabang Wonosobo untuk periode 2024-2027 dan pembukaan sosialisasi Plataran Sehat & SKP di Hotel Eagle Wonosobo. Pada Rabu, 7 Agustus 2024, Dalam sambutannya, Andang menegaskan pentingnya posisi dokter dalam masyarakat, serta tantangan yang dihadapi dalam menjalankan profesinya di tengah transformasi kesehatan di Indonesia.

"Profesi dokter menempati posisi yang istimewa dan penting di tengah masyarakat, dimana dokter memegang peranan mendasar dalam menjaga dan memulihkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Di sisi lain, saat ini dokter menghadapi tantangan besar dalam menjalankan profesinya, terlebih dilaksanakannya transformasi kesehatan di Indonesia," kata Andang.

Andang menambahkan, IDI sebagai wadah profesi dokter memiliki tanggung jawab moral dalam membentuk karakter dokter yang sesuai dengan kode etik kedokteran. Ia berharap pelantikan pengurus baru dapat memberikan semangat dan motivasi untuk memajukan profesi dokter di Kabupaten Wonosobo serta meningkatkan profesionalisme dan pelayanan kepada masyarakat.

"Melalui pelantikan ini, saya harap IDI Cabang Wonosobo dapat semakin solid di internal organisasi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat, maupun dalam mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat," tambah Andang.

Menurutnya, pelantikan ini merupakan momen penting untuk memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan masyarakat Wonosobo yang sehat dan menciptakan mekanisme layanan kesehatan yang lebih baik. IDI diharapkan dapat mengoptimalkan perannya, memberikan manfaat bagi anggotanya, serta berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Wilayah IDI Jawa Tengah, dr. TlogoWismo Agung Durmanto, mengungkapkan bahwa undang-undang nomor 17 tahun 2023 menambah tanggung jawab IDI dalam pelayanan kesehatan. "Undang-undang menjadi tonggak penting yang mencerminkan komitmen pemerintah dalam menghadapi berbagai dinamika di sektor kesehatan. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang implikasi dan strategi implementasinya menjadi krusial untuk memastikan keberhasilan implementasi," jelasnya.

Dr. TlogoWismo menekankan pentingnya kerjasama antar berbagai organisasi profesi dan berharap IDI dapat lebih agresif dalam menegakkan kode etik kedokteran Indonesia. Ia juga berharap pengurus baru dapat meningkatkan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan berperan aktif dalam program pelayanan kesehatan masyarakat.

Ketua IDI Cabang Wonosobo yang baru dilantik, dr. Irwan Ronal Simamora, Sp.Pk., menegaskan komitmennya terhadap kode etik dan etika profesi kedokteran. "Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah maupun organisasi lainnya dalam mendukung kemajuan kesehatan di Wonosobo," ungkapnya. Dr. Irwan menambahkan bahwa kompleksitas masalah kesehatan yang semakin meningkat memerlukan kerjasama erat untuk menghadapi berbagai tantangan kesehatan yang muncul akibat perubahan gaya hidup dan modernisasi.

 

Share this Post: