Pelaku Pencurian Alat Sedot Air Diamankan oleh Warga Desa Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

WonosoboNews.com - Seorang pelaku pencurian nyaris berakhir tragis di Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, pada Kamis malam lalu setelah tertangkap mencuri alat sedot air atau water pump. Beruntungnya, pelaku diamankan oleh warga yang merasa iba dan diserahkan ke pihak kepolisian Polsek Srono untuk diproses secara hukum pada tanggal 15 Maret 2024.

"Kami berhasil mengamankan pelaku pencurian yang telah meresahkan warga kami," ungkap Kapolsek Srono, AKP Hendri Cristianto.

Video amatir yang beredar di media sosial memperlihatkan momen saat pelaku ditangkap oleh warga serta saat evakuasi oleh pihak kepolisian dan pemerintah Desa Wonosobo dari masyarakat yang geram dengan ulahnya yang kerap kali mencuri di wilayah tersebut.

Salah satu warga yang berhasil menangkap pelaku, Budi Santoso, mengungkapkan bahwa awalnya ada kecurigaan di kebun papayanya yang tidak jauh dari rumah. "Kami bersepakat untuk menjaga lingkungan bersama," kata Budi.

Setelah berpencar selama satu jam, warga menemukan pelaku sedang duduk di salah satu gubuk di tengah persawahan. Saat diperiksa, ternyata pelaku sedang mencari bekicot, namun saat diperiksa karung bawaannya ada sebuah water pump yang kemudian di teriaki maling.

"Pelaku berusaha melarikan diri, namun berhasil ditangkap oleh warga dan diamankan di salah satu rumah warga," tambah Budi.

Kapolsek Srono menjelaskan bahwa pelaku ada dua orang, namun satu orang berhasil melarikan diri. "Pelaku dan rekannya yang melarikan diri masih ada ikatan keluarga. Dari hasil penyelidikan, pelaku tidak hanya satu kali melakukan pencurian. Setidaknya, pelaku sudah beraksi di 6 tempat yang berbeda," ungkap AKP Hendri Cristianto.

Pelaku yang melarikan diri saat ini sedang dalam pengejaran pihak kepolisian, dan identitasnya sudah dikantongi. Tindakan sigap warga Desa Wonosobo dalam menangkap pelaku mencuri mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

 

Share this Post: