Kunjungan Kepala Basarnas ke Pos Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya Kusworo, mengunjungi Pos Basarnas Wonosobo pada Selasa (30/7/2024) untuk mengecek kesiapan personel.

Di sana, ia bertemu dengan sukarelawan terlatih dari Wonosobo, Temanggung, dan Banjarnegara yang tergabung dalam potensi SAR. Mereka siap membantu Basarnas dalam operasi pencarian, penyelamatan, dan evakuasi korban bencana.

"Ini salah satu bentuk  untuk mengecek kesiapan operasi SAR," ujarnya.

Kusworo menyebutkan bahwa musim kemarau berpotensi meningkatkan risiko bencana, terutama kebakaran hutan dan lahan di Wonosobo, serta di sekitar Gunung Sindoro dan Sumbing. Berkaitan dengan potensi El Nino yang dapat menyebabkan kemarau panjang, Basarnas telah mempersiapkan berbagai hal, termasuk kesiapan personel, peralatan, dan teknologi.

"Hari ini untuk memperkuat sinergitas Basarnas dalam kesiapan kita," jelas Kusworo. "Tidak kalah penting kesiapan profesionalitas baik itu orangnya tapi juga peralatannya."

Ia menekankan pentingnya bimbingan teknis, kursus, dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas personel. Penggunaan teknologi, seperti drone, sangat diperlukan untuk mempermudah upaya pertolongan. Drone thermal, misalnya, bisa digunakan untuk mengobservasi lokasi bencana dari jarak jauh.

"Kita punya drone thermal untuk bisa mengobservasi atau bisa melakukan operasi SAR awal." katanya.

Kusworo menegaskan bahwa ini adalah salah satu bentuk kesiapan Basarnas dalam menghadapi bencana.

 

Share this Post: