Dinkes Wonosobo Intensifkan Pengawasan Pujasera Selama Ramadan

Share this Post:
Standard Post with Image

WonosoboNews.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonosobo akan mengintensifkan pengawasan terhadap peredaran makanan dan minuman di sejumlah pusat jajaran ramadan (Pujasera) selama bulan Ramadan. Kepala Dinkes Wonosobo, Jaelan, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin setiap tahunnya guna memastikan keamanan konsumsi masyarakat.

"Kita melakukan operasi pasar atau tempat-tempat Pujasera di seluruh wilayah Kabupaten Wonosobo. Nanti bersama-sama melibatkan perangkat daerah terkait lainnya juga," ungkapnya kepada tribunjateng.com pada Minggu (17/3/2024).

Pengawasan ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan keamanan, tetapi juga sebagai dorongan bagi masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

"Ini juga untuk mendorong teman-teman produsen agar produknya bagus dan nilai gizinya berkualitas. Dari segi keamanan dan keselamatan juga terjamin pasti itu akan dicari oleh konsumen," tambahnya.

Jaelan juga menyebutkan bahwa hasil pengawasan akan dishare kepada masyarakat untuk memberikan informasi mengenai kandungan-kandungan yang berbahaya dari makanan dan minuman yang diuji.

"Selama ini yang banyak ditemukan kandungan yang berbahaya seperti pengawet dan pewarna. Selain itu, konsumen juga harus selektif dalam melihat tanggal kadaluwarsa dalam membeli makanan," imbuhnya.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman dan nyaman tanpa khawatir akan masalah kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak layak.

 

Share this Post: