Dieng Culture Festival Kembali Digelar pada 2024

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Setelah absen pada tahun 2023, Dieng Culture Festival akan kembali diselenggarakan pada tahun 2024. Berdasarkan jadwal yang tercantum dalam Jawa Tengah Calendar of Events 2024, festival tahunan ini akan berlangsung pada 23-25 Agustus 2024 di Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Festival yang selalu dinanti wisatawan ini merupakan perpaduan antara keindahan alam dan keunikan budaya serta tradisi Dataran Tinggi Dieng. Pada Dieng Culture Festival 2024, akan ada berbagai acara menarik, seperti pertunjukan musik jazz, pelepasan lampion, kembang api, pameran UMKM, dan pertunjukan kesenian tradisional. Puncak acara ini adalah ritual cukur rambut gimbal anak gembel Dieng, atau yang dikenal dengan Ruwatan Rambut Gimbal.

Ruwatan Rambut Gimbal merupakan prosesi pemotongan rambut gimbal anak-anak di Dieng yang diyakini sebagai titipan penguasa alam gaib. Rambut mereka hanya dapat dipotong setelah keinginan mereka terpenuhi. Sebelum pemotongan rambut, ritual doa akan dilakukan di beberapa tempat sakral, seperti Candi Dwarawati, Kompleks Candi Arjuna, dan beberapa lokasi lainnya. Keesokan harinya, kirab menuju tempat pencukuran akan dilaksanakan dengan anak-anak rambut gimbal dikawal oleh sesepuh, tokoh masyarakat, kelompok seni tradisional, serta masyarakat setempat.

Dieng Culture Festival awalnya digagas oleh kelompok sadar wisata setempat, Pokdarwis Dieng Pandawa, yang pertama kali menggelar acara ini pada tahun 2010 dengan nama Pekan Budaya Dieng. Pada tahun ketiga, masyarakat sepakat mengganti nama acara ini menjadi Dieng Culture Festival.

Hingga saat ini, pihak penyelenggara belum mengumumkan daftar pengisi acara untuk Dieng Culture Festival 2024. Namun, pada gelaran tahun 2022, sejumlah artis ternama seperti Marcell Siahaan, Denny Caknan, Andien, Budi Doremi, dan Stars & Rabbit turut meramaikan acara tersebut.

 

Share this Post: