ASN Wonosobo Purna Tugas Diminta Menjadi Teladan bagi Generasi Penerus

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Sebanyak 126 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo akan memasuki masa pensiun, terhitung mulai tanggal 1 September hingga Desember 2024. Penyerahan Surat Keputusan (SK) Pensiun dilakukan oleh Bupati Afif Nurhidayat, didampingi oleh Wakil Bupati Muhammad Albar, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tri Antoro, serta para Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda. Acara penyerahan ini berlangsung di Pendopo Bupati pada Rabu pagi, 31 Juli 2024.

Kepala BKD Kabupaten Wonosobo mengungkapkan bahwa ASN yang akan memasuki purna tugas pada 1 September 2024 sebanyak 23 orang, pada 1 Oktober 2024 sebanyak 21 orang, pada 1 November 2024 sebanyak 20 orang, dan pada 1 Desember 2024 sebanyak 22 orang.

Dari jumlah tersebut, 6 orang di antaranya meliputi beberapa Pejabat Eselon II sebanyak 1 orang, Pejabat Eselon III sebanyak 4 orang, Pejabat Eselon IV sebanyak 4 orang, Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) sebanyak 57 orang, dan Jabatan Fungsional Umum (JFU) sebanyak 20 orang. "Dari delapan puluh enam yang sudah memasuki masa purna tugas ini, alhamdulillah SK-nya sudah bisa diterimakan semuanya hari ini," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Afif Nurhidayat menyampaikan ucapan selamat serta terima kasih kepada ASN yang akan segera memasuki purna tugas atas pengabdian, dedikasi, serta pelayanan terbaik yang telah diberikan kepada negara dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

"Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu dan bapak PNS calon purna tugas, atas prestasi, pengabdian, dedikasi, dan loyalitas yang telah diberikan selama ini, terutama dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Semoga segala upaya yang telah saudara-saudara dharma baktikan menjadi amal ibadah di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ucapnya.

Bupati Afif menambahkan bahwa purna tugas merupakan tahapan kehidupan bagi ASN, sekaligus kebanggaan dan dambaan tersendiri, karena ASN yang mampu mencapai purna tugas adalah ASN yang baik dan telah mampu menyelesaikan amanah tugas hingga tuntas. Namun, bagi sebagian ASN, purna tugas seringkali menjadi sesuatu yang menakutkan dan merupakan power syndrome. "Saya mengajak kepada bapak dan ibu ASN calon purna tugas untuk mempersiapkan segala sesuatu dalam menghadapi purna tugas, baik kesehatan, mental, psikologis, maupun ekonomi, sehingga purna tugas dapat dijadikan sebagai momentum untuk menciptakan aktivitas yang bermanfaat," ajaknya.

Selain itu, Bupati Afif menekankan bahwa purna tugas bukanlah halangan untuk terus mengabdi kepada masyarakat, negara, dan bangsa. "Bapak dan ibu masih dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat sekaligus menjadikan purna tugas sebagai jalan menuju kesuksesan yang kedua," imbuhnya. Harapannya, para ASN calon purna tugas sebagai sesepuh yang memiliki pengetahuan dan pengalaman tetap dapat memberikan tuntunan dan nasihat kepada generasi penerus. Nasehat, kritikan, serta masukan yang membangun dan penuh keteladanan diharapkan dapat mendukung upaya bersama dalam mewujudkan Wonosobo yang Berdaya Saing, Maju, dan Sejahtera. "Doa dari bapak dan ibu juga senantiasa kami harapkan untuk kebahagiaan, kemajuan, dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Wonosobo tercinta ini," pungkasnya.

 

Share this Post: