Wonosobo Festival UKM Expo 2024, Menyemarakkan Ragam Kreativitas UKM Lokal

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, meresmikan Festival UKM Expo 2024 dengan memotong pita di Gedung Adipura Kencana pada Rabu (10/7/2024). Acara ini dihadiri oleh Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Sutarmo, serta 150 UKM yang turut ambil bagian.

Afif Nurhidayat menjelaskan bahwa festival ini menjadi platform penting untuk mempromosikan produk-produk UKM di Kabupaten Wonosobo. Ia berharap kehadiran banyak pengunjung akan mendorong transaksi yang lebih banyak, serta memperkenalkan produk baru kepada masyarakat.

Selain itu, Bupati Afif mengutarakan harapannya agar Wonosobo segera memiliki UKM Center yang dapat menjadi tempat berkumpul dan mengembangkan potensi para pelaku UKM di daerahnya. Ia juga menekankan pentingnya menjadikan festival semacam ini sebagai kegiatan rutin untuk memajukan ekonomi lokal, terutama dalam era digital saat ini.

Sutarmo dari Kementerian Koperasi dan UKM RI menambahkan bahwa Festival UKM Expo 2024 ini dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat, terutama setelah dampak pandemi Covid-19 yang masih dirasakan. Dalam acara ini, diharapkan banyak orang berkumpul dan bertransaksi, menghidupkan kembali aktivitas ekonomi di level lokal.

Kristiyanto, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Disdagkop-UKM) Wonosobo, mengungkapkan bahwa saat ini terdapat sekitar 37.000 UKM dan UMKM di Wonosobo, dengan mayoritas bergerak di sektor kuliner. Pihaknya juga tengah mengajukan program Pusat Layanan Usaha Terpadu untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UKM di tahun 2024.

Wonosobo Festival UKM Expo 2024 berlangsung selama lima hari hingga Minggu (14/7/2024), menampilkan berbagai stand mulai dari kuliner, fashion, batik, kerajinan tangan, dan lain-lain. Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi UKM lokal untuk bersaing dan berkembang dalam pasar yang semakin kompetitif.

 

Share this Post: