Tanah Longsor Tutup Akses Jalan di Watumalang, Wonosobo

Share this Post:
Standard Post with Image

WonosoboNews.com - Tanah longsor melanda Dusun Temanggung, Desa Kuripan, Kecamatan Watumalang, pada Kamis (4/4/2024) pukul 22.00 WIB, menutup akses Jalan Wonosobo - Watumalang. Tebing setinggi 30 meter dengan panjang 64 meter longsor, mengakibatkan 4 rumah terdampak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Dudy Wardoyo, mengonfirmasi bahwa kejadian tersebut menutup total akses jalan menuju Watumalang, sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Tidak hanya itu, longsor ini juga meruntuhkan 3 tiang listrik PLN dan menyebabkan pemadaman di wilayah Kecamatan Watumalang dan sekitarnya," jelas Dudy.

Mengingat kondisi minim penerangan dan potensi longsor susulan, pembersihan material longsoran akan dilaksanakan pada pagi ini. Dudy menambahkan bahwa kejadian serupa terjadi di beberapa titik wilayah Kecamatan Watumalang, termasuk di Kelurahan Wonoroto, Desa Klesem, dan Dusun Jlubang.

Untuk itu, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan, terutama di daerah rawan longsor dan pergerakan tanah. Pengguna jalan juga diimbau untuk berhati-hati, terutama saat melewati jalur-jalur yang rawan longsor, terutama saat hujan lebat dan malam hari.

"Dengan prakiraan cuaca ekstrem yang diprediksi oleh BMKG untuk beberapa hari ke depan, kita harus tetap waspada terhadap potensi longsor, banjir, dan pohon tumbang," tambahnya.

Dengan adanya upaya pembersihan dan peringatan kepada masyarakat, diharapkan dapat meminimalkan risiko dan dampak dari kejadian longsor yang terjadi di Kabupaten Wonosobo.

Share this Post: