Revitalisasi Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo Menjadi Destinasi Unggulan

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Taman Rekreasi Kalianget di Wonosobo kini menjadi salah satu dari lima kawasan wisata baru yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Selain Dataran Tinggi Dieng yang terkenal, pemerintah juga ingin mempromosikan kawasan-kawasan lain yang memiliki potensi wisata menarik.

Lima kawasan yang dimaksud adalah Taman Rekreasi Kalianget, Telaga Menjer, Koridor Candiyasan-Keseneng, Waduk Wadaslintang, dan Gunung Lanang Mergolangu Kalibawang. Wisatawan pasti akan terkejut melihat perubahan Taman Rekreasi Kalianget, yang kini menjadi ikon wisata baru di Kabupaten Wonosobo.

Dari luar, tampak jelas perubahan yang terjadi di Taman Rekreasi Kalianget dibandingkan satu tahun lalu. Revitalisasi dilakukan pada tahun 2023 dengan anggaran 8,4 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat.

Agus Wibowo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo, menjelaskan, "Dalam RPJMD 2021-2026 kita ada program unggulannya Wonosobo Maer yang di dalamnya memunculkan program 5 Dieng Baru. Tahun 2023 kita revitalisasi Kalianget anggaran 8,4 dari DAK pemerintah pusat di sektor pariwisata."

Anggaran tersebut digunakan untuk memperbaiki fasilitas di Taman Rekreasi Kalianget. Misalnya, area parkir yang sebelumnya hanya tanah tidak rata kini telah dipaving dengan rapi dan lebih luas.  

Pada akhir pekan atau saat libur panjang, area parkir ini biasanya dipadati bus-bus besar. Sebelumnya, area parkir hanya mampu menampung 20-30 bus, tetapi sekarang kapasitasnya meningkat menjadi 50-60 bus.

Selain itu, fasilitas seperti tourist information center (TIC) juga ditambah, termasuk ruang pertemuan dan ruang istirahat untuk supir bus. Untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan, wahana kolam air panas baru juga ditambahkan, mengingat sebelumnya hanya ada satu kolam yang selalu penuh saat akhir pekan panjang.

Share this Post: