Pemerintah Wonosobo Permudah Perizinan untuk Dorong Investasi

Share this Post:
Standard Post with Image

wonosobonews.com - Dalam upaya meningkatkan peluang investasi, Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah mempermudah penerbitan izin usaha melalui sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wonosobo, Retno Eko Syafariati, menyatakan pentingnya mematuhi segala ketentuan dalam membangun ekosistem investasi yang legal dan aman. "Penerapan pendekatan berbasis risiko ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perizinan, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan lingkungan usaha yang kondusif," ujarnya.

Pemkab Wonosobo juga telah menggelar kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha. Kegiatan ini dihadiri oleh 200 peserta dan bertujuan untuk mempercepat proses perizinan.

Menurut Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, OSS-RBA memudahkan pelaku usaha untuk mendapatkan perizinan sambil mengefisienkan fungsi pengawasan. "Perizinan Berusaha Berbasis Risiko menentukan sejauh mana perizinan diperlukan sesuai dengan risiko usaha yang dimiliki," ungkapnya.

Dengan pendekatan ini, pemerintah dapat memberikan prioritas dan pengawasan yang lebih intensif kepada usaha dengan risiko tinggi, sementara usaha dengan risiko rendah dapat memperoleh perizinan dengan proses yang lebih sederhana dan cepat.

Albar berharap bahwa kemudahan dalam pengurusan perizinan ini dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan iklim berusaha di Kabupaten Wonosobo dan turut berkontribusi dalam mengentaskan kemiskinan.

 

Share this Post: