PLN ULTG Wonosobo Bersama Komunitas Balon Teken Komitmen Festival Balon Aman

Share this Post:
Standard Post with Image

WonosoboNews.com - PLN Unit Layanan Transmisi Gardu Induk (ULTG) Wonosobo, bersama ULT JBT UPT Purwokerto dan 13 Komunitas Balon Wonosobo, melakukan penandatanganan komitmen dalam menerbangkan balon secara aman dan sesuai standar keamanan.

"Penandatangan komitmen bersama ini merupakan tahun kedua, sebagai bentuk kerja sama antara PLN dan masyarakat Wonosobo dalam menyelenggarakan festival balon secara aman," kata Manager ULTG PLN Wonosobo, Suswoyo.

Menurut Suswoyo, kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai pihak, termasuk Kepolisian Wonosobo, Dinas Perhubungan, dan Dinas Pariwisata Wonosobo, sebagai upaya untuk memastikan festival balon berjalan dengan baik tanpa melanggar aturan penerbangan maupun kelistrikan.

"Dengan penandatanganan ini, kami berharap agar masyarakat tidak melakukan pelanggaran yang dapat mengganggu penerbangan ataupun penyaluran listrik," tambahnya.

Meski telah dilakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat, serta penempelan banner dan sweeping bersama polisi, masih ditemukan balon udara yang diterbangkan secara liar dan ilegal.

"Kami berharap agar mereka yang melakukan aktivitas ilegal dapat bergabung dengan komunitas dan menerbangkan balon secara aman," ungkap Suswoyo.

Kasat Intel Polres Wonosobo, M. Hasan, menyatakan dukungannya terhadap festival balon dengan mengundang komunitas balon untuk menyamakan persepsi terkait teknis pelaksanaan acara.

"Kami mendukung agar perijinan dan persyaratan lainnya dipenuhi untuk menjaga keselamatan dan ketertiban acara ini," jelas M. Hasan.

Beberapa tahapan yang harus dipenuhi termasuk pengajuan rekomendasi dari Polsek setempat, permohonan izin dan proposal kegiatan, izin lokasi, dan persyaratan lainnya.

Share this Post: