Momentum HCTS di Wonosobo, Anak anak Diajak Tingkatkan Gaya Hidup Sehat

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTS) menjadi ajang penting bagi Wonosobo untuk memperkuat komitmen dalam meningkatkan kebiasaan hidup sehat. Kegiatan yang dilangsungkan di SMP Negeri 1 Kertek pada Jumat, 18 Oktober 2024, ini tidak hanya menjadi momen refleksi, tetapi juga langkah nyata dalam memperbaiki kesehatan masyarakat. Plt. Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, menegaskan bahwa HCTS adalah sarana strategis untuk mendorong masyarakat agar semakin sadar pentingnya mencuci tangan dengan sabun, demi mencegah penyebaran penyakit sekaligus membangun pola hidup bersih yang berkelanjutan.

Dalam pidatonya, Albar menyebut bahwa kegiatan ini sejalan dengan tema HCTS 2024 di Wonosobo, yaitu "Mengapa tangan bersih masih penting?" Tema ini bertujuan mengajak semua lapisan masyarakat, khususnya anak-anak, untuk terus membiasakan cuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, fasilitas umum, maupun di rumah masing-masing.

“Selain cuci tangan pakai sabun, saya minta kepada seluruh remaja putri, khususnya yang hadir di sini, untuk menumbuhkan kesadaran diri dalam pencegahan anemia, dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, menerapkan pola hidup sehat, dan rutin mengkonsumsi tablet tambah darah satu kali per minggu,” tambahnya. Albar juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengentaskan stunting, yang berdampak besar terhadap kualitas sumber daya manusia, demi menciptakan generasi unggul di Wonosobo.

Kepala Dinas Kesehatan Wonosobo, Dr. Jaelan, menjelaskan bahwa peringatan ini bukan sekadar acara seremonial, tetapi menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat.

“Kegiatan ini rutin dilakukan di sekolah-sekolah agar mampu menggerakkan dan menumbuhkan pola hidup sehat kepada anak-anak,” ungkapnya. Acara ini juga dirangkai dengan kegiatan Jumat Berseri (Bersama Sehatkan Remaja Putri), yang melibatkan minum tablet tambah darah bersama, sebagai langkah pencegahan anemia yang akan berdampak signifikan pada kualitas sumber daya manusia di masa depan.

Dengan upaya ini, Wonosobo terus berkomitmen memperbaiki kesehatan generasi muda, memulai dari kebiasaan sederhana namun penting, seperti cuci tangan pakai sabun.

Share this Post: