Kunjungan Wisatawan ke Wonosobo Diprediksi Meningkat Saat Libur Lebaran

Share this Post:
Standard Post with Image

WonosoboNews.com - Kunjungan wisatawan ke Wonosobo pada libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini diprediksi mengalami peningkatan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo, usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Persiapan Hari Raya Idulfitri 1445 H.

"Kita lihat dari Dirjen Perhubungan Darat itu kan naik. Saya meyakini di Wonosobo juga akan naik. Apalagi kita juga kasih event di lebaran ini dengan Festival Mudik yang sudah kita up di sosial media dan sudah viral," ungkapnya.

Kadis Agus memprediksi saat hari biasa kunjungan wisatawan bisa mencapai 60-70 persen. Ia menambahkan, berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut wisatawan ke Wonosobo pada libur lebaran nanti.

"Kita sudah melakukan monitoring evaluasi ke semua daerah tujuan wisata terutama yang 10 unggulan wisata. Kita sudah buat surat edaran ke semuanya terutama pengecekan sarana prasarana, SOP, dan semuanya berkaitan dengan rencana pelayanan kepada wisatawan," jelasnya.

Selain itu, beberapa daerah tujuan wisata yang memiliki tingkat kerawanan tinggi juga sudah diantisipasi khususnya wisata air.

"Ada wisata tirta atau air itu kan ada sarana prasarananya atau bahan-bahan yang dari bambu. Peralatan yang harus mereka siapkan. Jangan sampai ada accident," imbuhnya.

Festival Mudik tahun ini akan menjadi event yang ditunggu-tunggu para wisatawan. Pada tahun ini, jumlah partisipan balon udara meningkat bila dibandingkan tahun lalu. Ada sebanyak 14 titik lokasi event penerbangan balon udara pada tahun ini.

"Tahun ini ada 14 titik kalau tahun lalu hanya 8 titik. Ada tambahan peserta, harapannya itu jadi tambahan atraksi dan mengurangi teman-teman di Wonosobo yang penerbangan balon udara liar," tandasnya.

Share this Post: